Selamat Datang di Website Kami, Hadir Untuk Mengungkap Fakta Dalam Berita, Terbuka Untuk Menerima Pengaduan Hub Kami di WA:0858 8835 9460

Pemkab Toba Beri Bantuan Sosial Kepada Siswa dan Wanita Rawan Sosial Ekonomi

TOBA-Zonadinamikanews.com.14 siswa asal Kecamatan Sigumpar, dan 19 siswa asal Kecamatan Silaen menerima tas ransel, buku, dan alat tulis dari Pemerintah Kabupaten Toba.

Bantuan sosial tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Toba, Poltak Sitorus, di Aula Kantor Camat Sigumpar, Kabupaten Toba, Senin (9/10/2023).

Bupati kemudian menyuruh siswa yang berprestasi maju ke depan, dan menanyakan nama dan cita-citanya, selanjutnya memberikan mereka hadiah. Ada juga yang disuruh untuk bernyanyi.

“Jadi walaupun ekonominya lemah, semangat mereka belajar. Jadi kita beri (mereka) tas, memang nggak seberapa itu. Ini cara kita memotivasi anak-anak kita. Pasti mereka kenang itu, mereka pernah dapat tas, suatu saat nanti mereka berhasil, ada hatinya juga untuk membantu yang kekurangan,” kata Bupati Poltak Sitorus.

Pada kesempatan ini, diserahkan juga peralatan memasak kue, berupa oven dan mixer, untuk 5 orang Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) asal Kecamatan Sigumpar, dan 4 alat masak kue untuk ibu-ibu WRSE Kecamatan Silaen.

Harapannya adalah ibu-ibu dapat lebih produktif, supaya ekonomi keluarga mereka berubah menjadi lebih sejahtera.

Bupati Toba meminta ibu-ibu lebih kreatif, dengan membuat kue dari bahan baku lain selain beras, di tengah mahalnya harga beras saat ini. Ibu-ibu tersebut pun mengaku sudah berpengalaman membuat kue dari bahan ubi, talas, dan labu.

“Kita ajak ibu-ibu ini padot (bahasa batak artinya rajin). Istilah “padot” ini di orang Batak sangat populer. Itu termasuk tekun, rajin, inovatif, kreatif. Itu artinya padot. Kalau seseorang padot, saya kira pasti akan dikasih Tuhan jalan. Dengan alat yang kita kasih, mereka sangat termotivasi,” ujarnya mengakhiri.(JP)

BAGIKAN BERITA

You cannot copy content of this page