Bupati Toba Resmikan Lomba Marsolu Parsasadaan dan Parduaduaan

TOBA – Zonadinamikanews.com.Bupati Toba Ir Poltak Sitorus membuka dan meresmikan Perlombaan Marsolu Parsasada dan Parduaduaan dalam rangka meriahkan Event Internasional Aquabike World Championship Toba 2023 di pantai Danau Toba Lumban Silintong Balige depan Caffe Bistro Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Kamis (23/11/2023). Peserta di ikuti 19 tim dalam lomba Solu

Lomba Solu Trdasional digelar oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Diknaspora) Kabupaten Toba bekerja sama dengan PODSDI (Persatuan Olah Raga Dayung Seluruh Indonesia) Kabupaten Toba dengan Ketua Flores Manurung didukung KONI Kabupaten Toba Ketua Maradona.

Lomba Solu Tradisional dalam rangka menyambut dan memeriahkan perhelatan Event Grand final Aquabike World Championship Lake Toba yang akan di gelar selama 2 dari tanggal 25 – 26 November 2023 di Venue F1H2O Lapangan Sisingamangaraja XII Muliaraja Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga Rikardo Hutajulu melalui Kabid Olah raga Hendri Simarmata menyebutkan lomba Marsolu Tradisional digelar dengan 2 kategori lomba yakni Lomba Solu Marsada-sada (Single) dan Lomba Solu Mardua-dua (Ganda).

Disebutkannya, untuk para peserta lomba hadir dari setiap Kecamatan se Kabupaten Toba.untuk peserta di kategori Lomba solu Tradisional Mardua-dua (Ganda) peserta lombanya sebanyak 19 Tim, untuk kategori lomba solu Tradisonal Marsada-sada (Singke) 30 orang.

Peserta lomba yang resmi mendaftar yakni tim dari Kecamatan Balige 2 Tim, Uluan 6 Tim, Ajibata 6 Tim, Sigumpar 2 Tim, Tampahan 1 Tim dan peserta dari Kabupaten tetangga Kabupten Simalungun mengirimkan 2 Tim,”Sebut Hendri Simarmata.

Ditambahkannya, untuk para juara lomba di Kedua Kategori Lomba diberikan hadiah uang diantaranya untuk juara 3 meraih hadiah uang sebesar Rp.1.035.000, Juara 2 Rp.1.553.000,-, untuk Juara 1 sebesar Rp.2.070.000 berikut piala dan piagam penghargaan bagi para juara.

Sementara itu, Bupati Toba Ir Poltak Sitorus dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan berbagai lomba akan digelar jelang Event Internasional Grand final Aquabike World Championship Lake Toba 2023, termasuk kegiatan Lomba Solu ini

Tujuan kegiatan lomba ini adalah untuk meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat secara khususnya dari sektor dunia kepariwisataan.

Bupati Poltak Sitorus mengapresiasi perlombaan yang dilakukan juga menyampaikan harapan agar kegiatan ini menjadi agenda tahunan yang memiliki daya tarik bahkan dapat memotivasi para wisatawan lokal maupun mancanegara untuk hadir di tempat ini.

“Saya mengapresiasi atas dilaksanakannya kegiatan ini sekaligus menyampaikan harapan agar agenda yang berlangsung dapat menjadi agenda tahunan”, ucapnya.

Menurutnya bila kegiatan lomba Solu ini dikemas dengan baik akan menjadi potensi yang mengundang banyak orang hadir untuk menyaksikannya dan tentu saja bila hal tersebut mampu dilakukan dengan baik akan berdampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat

Turut hadir Sekda Kabupaten Toba Drs Augus Sitorus, Kadis Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga Rikardo Hutajulu, Kapolsek Balige Iptu Slamet Pasaribu yang di wakili oleh Kanit Reskrim Polsek Balige IPDA T Simangunsong,
Kabid Olahraga Hendri Simarmata dan Kabid Pemuda Dinas Pendidikan Kabupaten Toba Viktor Napitupulu, SE,M.Si, Ketua KONI Toba dan para peserta lomba Solu. ( JP )

BAGIKAN BERITA

You cannot copy content of this page