9 Desa dan 21 Cakades Silaen Deklarasi Damai

Deklarasi Pilkades damai se Kecamatan Silaen, Rabu (13/09/2023) di Kantor Camat Silaen.

TOBA-Zonadinamikanews.com – Menjelang perhelatan Pemilihan Kepala Desa serempak pada Oktober 2023 mendatang, Panitia Pengawas Pilkades Kecamatan Silaen mengundang seluruh Calon Kepala Desa Silaen.

Informasi yang berhasil diperoleh dari salah seorang Panitia menyebut bahwa undangan tersebut dilakukan dalam rangka deklarasi untuk menciptakan suasana kondusif di wilayah desa masing masing calon.

Selain mengundang para Calon, tampak semua unsur terkait turut hadir di lokasi deklarasi yakni di Kantor Camat Silaen pada Rabu (13/09/2023) diantaranya para Panitia Pemilihan Kepala Desa (P2KD), para BPD dan Tokoh masyarakat.

Selain itu, unsur dari Pemerintahan Kecamatan juga hadir sebagai fasilitator kegiatan deklarasi itu didampingi Personel Polsek Silaen serta Danramil/14 Silaen sebagai Nara Sumber.

Dalam arahannya, Kapolsek Silaen, AKP R Tampubolon memberi apresiasi atas antusiasme para undangan untuk dapat hadir dalam acara deklarasi damai Pilkades Kecamatan Silaen tahun 2023.

“Marilah kita dukung pelaksanaan Pilkades ini secara damai. Khusus kepada P2KD kami tekankan agar netral dalam menjalankan tugasnya sebagai wasit Pilkades.

Ini adalah pesta demokrasi, bukan ajang gontok-gontokan, jadi saya harap segenap Calon menyampaikan kepada simpatisannya agar turut menjaga kondusifitas, jangan malah memancing keonaran.

Jangan ada kata kata yang mengarah ke SARA, bully atau saling menjelekkan dan mengejek antar sesama simpatisan. Ingat, Kami unsur TNI Polri akan menegakkan Kamtibmas secara tegas,” jelas R Tampubolon.

Menambahi itu, Camat Silaen, Moses Simanjuntak menerangkan bahwa jumlah desa se Kecamatan Silaen adalah berjumlah 23 desa dan yang akan mengikuti Pilkades ada sebanyak 9 desa.

“Kami berharap agar segenap Calon Kepala Desa bersaing secara sehat. Pandai pandailah merebut hati rakyat bukan dengan mengandalkan kekuatan uang.namun dengan visi dan misi yang bisa diterima masyarakat.

Nantinya, bagi Calon yang menang jangan langsung berbesar hati sebab tugas yang berat telah menanti anda.

Demikian juga bagi yang kalah jangan berkecil hati sebab untuk memajukan desa bukan hanya harus menjadi Kepala Desa.

Jadi mari kita ikuti aturan Pilkades yang ada, bila ada keberatan maka silakan sampaikan ke pihak terkait. Intinya mari kita ikuti koridor. Akhir kata selamat berjuang secara fair,” sebut Moses menyemangati para Calon.

Sementara itu, Baringin Silaen, Calon Desa Silaen yang juga Incumben menyatakan dukungannya agar segala hal yang telah disepakati dalam deklarasi tersebut benar benar dijalankan semua calon demi kepentingan semua warga ke waktu berikutnya.

“Mari kita wujudkan Pilkades yang jujur, aman, bersih dan kondusif dan menjaga jangan sampai terjadi gesekan antara warga sebab kita tetaplah bersaudara baik sebelum maupun sesudah Pilkades ini,” sebut Baringin optimis.

Di akhir Deklarasi, tampak seluruh Calon Kepala Desa se Kecamatan Silaen menandatangani kesepakatan proses Pilkades secara damai.

“Bagi yang melanggar deklarasi ini maka akan dikenakan sanksi sebagaimana peraturan yang berlaku,” sebut Panitia Pengawas Pilkades Kecamatan Silaen. (JP)

BAGIKAN BERITA

You cannot copy content of this page