Selamat Datang di Website Kami, Hadir Untuk Mengungkap Fakta Dalam Berita, Terbuka Untuk Menerima Pengaduan Hub Kami di WA:0858 8835 9460

Desa Tertinggal, Desa Panindii, Silaen Miliki Potensi Wisata Alam

TOBA-Zonadinamikanews.com.Camat Silaen, Moses Simanjuntak berharap Desa Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS), Desa Panindii akan mengalami perubahan ke arah lebih baik setelah melalui pembinaan TP-PKK Kabupaten Toba dan para Organisasi Perangkat Daerah terkait.

Hal ini disampaikan Camat Moses Simanjuntak dalam acara Pembinaan Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS) di Desa Panindii, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatra Utara, Rabu (12/4/2023).

Menurut Moses Simanjuntak, peningkatan kesejahteraan warga desa yang kategori tertinggal ini bisa melalui berbagai potensi-potensi yang dimiliki desa. Misalnya usaha keluarga melalui kaum ibu, usaha kuliner ayam napinadar. Untuk Karang Taruna bisa mengaktifkan kembali usaha penggilingan kopi bahkan bisa mengelola area perkemahan panorama alam indah dan olahraga paralayang di atas bukit Desa Panindii.

“Tetapi harus dijaga soal kebersihan dan kenyamanan desa, itu menjadi syarat awalnya,” kata Moses memberikan semangat kepada warga.

“Mari kita sambut ini, mumpung kita menjadi desa P2WKSS untuk kemajuan desa di kemudian hari. Mari kita buat perubahan,” sambungnya.

Sebelumnya TP-PKK Kabupaten Toba melalui Sekretaris Ny. Bintang Herbin Tampubolon terlebih dahulu mengecek kehadiran perangkat desa, TP -PKK Desa Panindii dan kadernya. Hal ini dilakukan untuk menggugah keseriusan tim desa sebagai desa binaan P2WKSS yang akan dinilai TP-PKK Provinsi Sumatra Utara.

“Jangan mau sampai tertinggal dalam perkembangan, terutama kaum ibu, masih ada waktu ya,” katanya.

Dalam program P2WKSS ini sebanyak 35 warga binaan dibina semua OPD terkait dengan tujuan agar tingkat kesejahteraannya meningkat. Akan djadwalkan pokja-pokja PKK Kabupaten Toba untuk turun ke desa.

Selanjutnya Kadis PMD-PPA Kabupaten Toba yang diwakili Erlince Ompusunggu, mengingatkan Kepala Desa Panindii serta perangkat desa, Ketua TP-PKK Desa Panindii untuk membenahi tertib administrasi dalam hal pembuatan laporan khususnya program P2WKSS.

Pembinaan serta dukungan juga diberikan Dinas Lingkungan Hidup melalui Jerry Manurung yang akan melakukan pendampingan pembentukan Bank Sampah. Kemudian rencana pemberian bantuan bibit pohon buah sebanyak 100 batang serta akan bergotong royong di desa Panindii.

Menanggapi kunjungan pembinaan ini, Kepala Desa Reslan Panjaitan, meminta semua warga desa Panindii yang terdiri 72 KK ini, terutama kaum ibu PKK desa agar semakin pro aktif mendukung program ini, dan jangan sungkan bertanya kepada para pembina dari kabupaten.

OPD lainnya juga memberikan paparan dan bentuk dukungan kepada Desa Panindii , diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Pariwisata, Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Kominfo, Dinas Pertanian, dan Dinas Sosial.

Hadir Kadis Ketahanan Pangan, Sahat Manullang Kadis Kesehatan dr.Freddi S.Sibarani, serta sejumlah pejabat yang mewakili OPD.

Selama acara, tim Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Silaen melakukan pos pelayanan kesehatan bagi warga secara gratis untuk pengecekan asam urat, kolesterol, dan gula darah. (JP).

BAGIKAN BERITA

You cannot copy content of this page