PSBB Mencengah Meluasnya Penyebaran Virus COVID-19

0
83

Oleh YUNAIDI. S, S.Pd, M.Pd

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tengah menjadi perhatian publik pada masa pandemi virus corona merupakan kegiatan tertentu penduduk dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi penyakit dan/atau terkontaminasi sedemikian rupa untuk mencegah kemungkinan penyebaran penyakit agar tidak kontaminasi.

PSBB merupakan salah satu jenis penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan di wilayah, selain karantina rumah, karantina rumah sakit, dan karantina wilayah. Dengan tujuan mencegah meluasnya penyebaran penyakit kedaruratan kesehatan masyarakat (KKM) yang sedang terjadi antara orang di suatu wilayah tertentu.

Pembatasan yang dilakukan pemerintah meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, dan/atau pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum.

Pelaksanaan Pembatasan sosial berskala besar di Agam sudah dimulai sejak Rabu (22/4) melalui sosialisasi ditempat umum, dan penerapannya disepanjang jalan raya, merupakan salah satu upaya untuk menekan penyebaran dan penularan virus corona jenis baru penyebab Covid-19 di suatu daerah.

Tim GTP2 Agam melalui pos pantau yang berada di delapan titik pintu masuk Agam, terus disosialisasikan, dan dicek satu persatu kendaraan yang lewat baik dari segi protokol keluar rumah, protokol tempat duduk dalam kendaraan dan sepeda motor, tetap menjadi perhatian dari tim satuan tugas Covid-19.

Dengan adanya pos pantau bagi pendatang berdampak positif bagi masyarakat karena telah mengindahkan himbauan, instruksi atau edaran yang disampaikan kepada masyarakat terkait pemutusan rantai penyebaran vurus corona yang meresahkan masyarakat akan segera pulih dan hilang. Semoga melalui pemutusan rantai penyebaran akan terwujud masyarakat yang sehat.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here