Pembinaan Fisik Dan Mental Yonif 511/DY Melaksanakan Lari Cross Country

0
425

BLITAR-Zonadinamika.com. Fisik yang kuat, mental, kemampuan, ketangkasan dan kesemaptaan jasmani yang prima mutlak dimiliki oleh setiap prajurit Yonif 511/DY guna mencapai keberhasilan dari setiap tugas dan tanggung jawab yang di emabannya. Guna mewujudkan hal tersebut, Yonif 511/DY melaksanakan latihan Cross Country (CC) dengan bersenjata lengkap dengan berat ransel 6 kilogram yang diikuti oleh tujuh peleton.Kamis(2/2/17).

 

Rute latihan cross country berjarak 7,5 Km, masing-masing peleton diberangkatkan dari garis strart lapangan Yonif 511/DY melewati jalan Dusun Gaprang Kabupaten Blitar hingga finish di Asrama Yonif 511/DY. Peleton pertama diberangkatkan pada pukul 07.00 WIB. Kemudian Peleton selanjutnya diberangkatkan dengan perbedaan waktu sepuluh menit untuk setiap peletonnya, walaupun cuaca hujan gerimis seluruh prajurit Yonif 511/DY melaksanakan dengan penuh semangat dan penuh rasa tanggung jawab wujud dari jiwa kesatria.

 

Latihan Cross Country tersebut dipantau dan dikawal ketat oleh tim kesehatan medis, Provost dan tim pengawas. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap bertingkat dan berlanjut guna mempersiapkan mengikuti lomba cross country dilingkungan TNI AD. Sebelum melakukan kegiatan cross country.

 

Tim kesehatan melakukan pemeriksaan kesehatan yang bertujuan untuk mengetahui kesehatan para prajurit yang akan melaksanakan kegiatan tersebut, dan untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan pada latihan yang menyebabkan kerugian personel serta sebelum melaksanakan cross country terlebih dahulu melakukan senam perenggangan dipimpin oleh Bintara Jasmani Sertu Yonanda Dwi Cahya K.

 

Menurut Wadan Yonif 511/DY Mayor Inf Rayner Denny Rudolf Wajong, bahwa tujuan utama diadakannya cross country ini adalah untuk pembinaan fisik kemiliteran prajurit guna meningkatkan ketangkasan, kemampuan dan kesemaptaaan serta meningkatkan kekompakan dan jiwa korsa setiap prajurit TNI Angkatan Darat khususnya di Yonif 511/DY.

 

Semangat tinggi dan kerjasama yang baik dari masing-msing peserta menjadikan latihan yang bersifat pembinaan ini dapat dilaksanakan tanpa kendala. Adapun kegiatan latihan crosscountry ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan diri personil Yonif 511/DY dalam menghadapi pelaksanaan perlombaan Peleton Tangkas, disamping itu juga kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengecek kesiapan prajurit Yonif 511/DY khususnya dalam pelaksanaan ketahanan fisik.(DONI/pen81)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here