May Day, 6000 Buruh Dari Bekasi Serbu Jakarta

0
306

BEKASI – Zonadinamika.com Sebanyak 6.000 buruh dari Kota dan Kabupaten Bekasi ikut bergabung melakukan aksi unjuk rasa di depan Istana Negara. Ribuan buruh asal Bekasi ini berangkat dari sejumlah titik kumpul.

Di Kabupaten Bekasi ribuan buruh berangkat menuju Jakarta melalui 11 lokasi. Di antaranya, Rumah Buruh Kawasan EJIP, Cikarang yang merupakan titik keberangkatan elemen buruh dari FSPMI pimpinan Amir Mahfudz.

Total massa buruh yang berangkat dilokasi itu, sekitar 1000 orang dengan menggunakan 8 unit Bus besar, 6 mobil pribadi dan 1 mobil komando. Di titik lainnya keberangkatan buruh asal FSPMI juga dilakukan melalui, Saung Buruh Jababeka, Cikarang Utara dengan jumlah massa 400 orang dengan menggunakan 5 bus dan 4 mobil pribadi.

Selanjutnya, sekitar 800 massa buruh asal FSPMI juga berangkat dari titik kumpul di depan Masjid Baitul Mustofa, Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat dengan 7 bus, 1 bus medium dan 4 mobil pribadi. Berikutnya, titik lokasi keberangkatan buruh asal Kabupaten Bekasi lainnya diantaranya, depan PT Sucofindo, Cikarang Barat.

Di lokasi ini ada tiga rombongan elemen buruh yang berangkat yakni, 150 buruh GSPB, 150 buruh FSPMI, dan 80 buruh asal SPN. Di titik keberangkatan massa buruh Kabupaten Bekasi lainnya, ada buruh asal SBSI yang berangkat sekitar 50 orang dari depan PT Topas, Taruma Jaya, lalu ada sebanyak 150 buruh asal SPN yang berangkat dari titik depan PT Kaheo Citro Garmen dan PT Koho.

Selain itu juga, ada 150 buruh dari elemen FGSBM yang berangkat dari depan PT Mekar Armada, Tambun Selatan, dan terakhir dititik depan PT Printek Perkasa, Jababeka Cikarang utara, yang merupakan titik keberangkatan 150 massa buruh dari GSPMI.

Vice President Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Obon Tabroni mengatakan, sebanyak 6000 buruh asal Kota dan Kabupaten Bekasi bertolak ke Jakarta untuk berkumpul bersama dengan ribuan buruh lain dari setiap daerah. Pria yang akrab disapa Obon ini menjelaskan, buruh telah disiapkan untuk berkumpul di titik – titik yang sudah ditentukan dan berangkat ke Jakarta.

Masing-masing diantaranya, di Kota Bekasi, ribuan buruh akan berkumpul di sekitar Pondok Ungu dan Bantar Gebang yang diketahui terdapat sejumlah pabrik. (An)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here