Baru 1 Tahun, Box Penghubung Badan Jalan Provsu Sei. Rakyat Jebol.

0
503

LABUHANBATU-Zonadinamika.com. Pembangunan jalan Provinsi pekan ajamu Kecamatan Panai Hulu menuju Sei. Rakat Kecamatan PanaiTengah Labuhanbatu masih dalam tahap pengerasan yang dilakukan secara bertahap.Tahun 2016 ini, tahapan pengaspalan terlihat akan dilakukan. Di lokasi jalan sudah terlihat alat berat mulai beroperasi.

Namun, ditengah jalan yang akan ditingkatkan terlihat pemandangan yang kurang sedap. Salah satu titik box pembuangan air yang dibuat memotong badan jalan baru setahun selesai dikerjakan sudah jebol.

Amatan wartawan belum lama ini dilokasi, box yang jebol tepat dibagian tengah berbentuk bulat. Jebolnya box diperkirakan selain diakibatkan sering dilalui truck pengangkut buah sawit yang berbohot puluhan ton, juga terkesan kwalitas pembuatannya yang terindikasi kurang bagus.

“Pengerjaan box itu sama dengan pengerasan jalan, paling baru 1 tahun lebih. Memang truck pengankut buah sawit dengan bohot puluhannton milik perusahaan swasta kerap melintas, mungkin itu salah satu penyebab jebolnya box. Selain itu, nggak bisa dipungkiri saat pengerjaannya memang terkesan asal-asalan. Sama halnya dengan tembok penahan badan jalan sudah banyak yang pecah dan retak.”sebut warga yang tinggal di lokasi jalan.

Warga tersebut berharap, kontraktor pelaksana pengerjaan lanjutan peningkatan badan jalan provinsi tahun ini supaya lebih mengedepankan kwalitas pengerjaan. Pasalnya, jika kwalitas pengerjaan Jalan tersebut asal jadi dan mudah rusak perekonomian masyarakat yang berada di wilayah Pantai Labuhanbatu akan terganggu.

“Peningkatan badan jalan dengan jenis pengerjaan pengaspalan sangat kami harapkan selama puluhan tahun, jalan ini menghubungkan 3 kecamatan. Kami sangat merasa senang dan berterima kasih kepada pemerintah yang sudah memperhatikan sara transportasi di daerah kami. Harapan saya sebagai masyarakat yang tinggal di daerah ini, supaya kontraktor pengerjaan pengaspalan mengedepankan kwalitas pengerjaannya.”ucapnya.

Aktivis Gerakan Rembuk Masyarakat Desa Labuhanbatu AF. Harahap saat diminta tanggapannya berkaitan dengan pengerjaan peningkatan badan jalan di wilayah Pantai Labuhanbatu mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk pro aktif mengawasi pelaksanaan pengerjaan yang di lakukan kontraktor supaya sesuai ketentuan berlaku. Sama halnya dengan tim pengawas provinsi juga sangat diharapkannya serius mengawasi pengerjaan supaya sesuai ketentuan sehingga pembangunan yang mengyunakan uang negara tidak sia-sia.

Bahkan, Harahap yang juga pemerhati sosial masyarakat itu mengatakan siap mengadvokasi pengaduan masyarakat terkait kejanggalan setiap pengerjaan pembangunan di wilayah Pantai Labuhanbatu.

“Pembangunan diwilayah pantai sudah dimulai, bila ingin kwalitas pembangunan bagus, masyarakat harus pro aktif dalam mengawasi pengerjaanya. Kalau tidak kontraktor akan leluasa melakukan penyimpangan kwalitas. Hal itu bukan menjadi rahasia umum, masyarakat diam kontraktor pun diam-diam mengeruk keuntungan dari pekerjaannya itu, lihat box pembuangan air baru saja di selesai dikerjakan sudah jebol.”ujarnya.(zd.LB01)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here