Makna Haji Mabrur

0
393

(Tausyiah)

Dalam satu Hadhist di jelaskan :
وَ الْحَجُّ الْمَبْرُوْرُ لَيْسَ لَهُ جَزَاءٌ إِلاَّ الْجَنَّةَ

“Dan haji mabrur itu tiada balasan bagi-nya melainkan Surga”, Imam Yahya bin Syaraf an-Nawawi berkata: ‘(Makna) yang paling benar dan paling masyhur bagi kata “al-mabrur” yaitu (ibadah haji) yang tidak dicemari oleh perbuatan dosa’. Kata tersebut terambil dari kata”al-birr” yang bermakna “ketaatan”
.
Selanjutnya beliau mengatakan: “Ada juga orang yang mengartikannya dengan ‘al-maqbul’ yaitu haji yang diterima.
Tanda terkabulnya adalah kondisinya (setelah kembali dari ibadah tersebut) menjadi lebih baik daripada sebelumnya, serta tidak mengulangi lagi perbuatan maksiat”.

Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani ,berkata: “Haji mabrur yaitu haji yang tidak tercemar oleh perbuatan dosa sedikit-pun “.Ada juga yang mengatakan: “Haji yang maqbul (diterima) yang merupakan imbalan bagi suatu perbuatan kebajikan.

Selanjutnya beliau mengatakan: “Haji mabrur tidak akan terwujud kecuali jika terpelihara dari segala bentuk bid’ah dan hal-hal yang merupakan tradisi manusia, serta terlaksana dari hasil usaha yang halal, yang dengannya ia berupaya untuk menjalankan kewajiban agam dan melaksanakan perintah-perintah Allah Tabaaraka wa Ta’ala” (@A.Nasution)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here