249 Jamaah Mengikuti Manasik Haji

0
463

KUALA KAPUAS –Zonadinamika.com. Bimbingan Manasik Haji Kabupaten Kapuas tahun 2016 di Buka langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben S Bahat MM MT di dampingi Wakil Bupati Kapuas Ir H Muhajirin MP serta Kepala Kememag, yang mewakili Forkopimda, SKPD, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di Kabupaten Kapuas, Kamis (14/07) siang di Masjid Agung Al-Muqaram.

Dalam sambutannya orang nomor satu di Kabupaten Kapuas tersebut menyampaikan ucapan syukurnya karena dapat berkumpul dengan calon jamaah haji dengan suasana kekeluargaan.

“Kegiatan manasik haji merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan sebelum keberangkatan haji yaitu untuk melakukan bimbingan agar para jamaah calon haji mengetahui bagaimana cara melakukan manasik haji serta perjalanan haji yang sesuai dengan sariat Islam,” ungkapnya.

Beliau menerangkan bahwa kegiatan tersebut sanggat penting bagi jamaah calon haji karena nantinya akan diberikan pembekalan bagaiman nanti ketika melakukan perjalanan haji serta berharap untuk kedapannya agar pemeriksaan kesehatan jamaah calon haji dapat gratis dan untuk para jamaah calon haji agar dapat mengikuti bimbingan manasik haji dengan seksama.

“ saat melakukan bimbingan manasik haji apabila kurang mengerti dapat langsung bertanya agar nantinya benar-benar siap dan jelas, serta agar selalu tetap menjaga kesehatan,” pesannya.

Sebelumnya disampaikan laporan oleh Kasi Penyelenggara haji dan umroh dari Kemenag H. Hamidhan S.Ag bahwa jumlah jamaah calon haji sebanyak 249 orang, “adapaun jumlah jamaah calon haji sebanyak 249 orang terdiri dari laki-laki 120 orang, perempuan 129 orang dengan usia jamaah paling tua jasarni dari palinhkau 58 tahun dan termuda gazali rahman 18 tahun dari Terrusan,” ungkapnya.

Ia juga menerangkan bahwa bimbingan manasik haji akan di bagi menjadi tujuh kelompok kelas pembelajaran.
Masih ditempat yang sama disampaikan pula oleh Kepala Kemenag H. Ahmad Bahruni M.AP bahwa ibadah haji bukan perjalanan biasa tapi merupakan perjalanan spiritual yang memerlukan pemahaman.

“Pelaksanaan bimbingan manasik haji merupakan amat dari undang-undang yang sangat penting untuk mensukseskan ibadah haji oleh karena itu diharapkan semua calon jamaah haji dapat mengikuti bimbingan manasik haji dengan sungguh-sungguh agar nantinya bisa benar-benar memahami manasik haji yang mana prosesi pelaksanaan sesuai sariat islam dalam sepuluh kali pertemuan,” terangnya.

Ia juga menyampaikan agar nantinya para jamaah calon haji dapat tenang, percaya diri serta tidak ada keraguan dalam pelaksanaan haji dan menjadi haji yang mabur karena sudah mengikuti bimbingan manasik haji.

Adapun pelaksanaan kegiatan bimbingan manasik haji untuk jamaah calon haji Kabupaten Kapuas di lakukan selama sepuluh hari dari tanggal 14 – 23 Juli 2016. (Angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here