Polres Belu Siap Amankan Tri Hari Suci dan Perayaan Paskah

0
698

Atambua, NTT- Zonadinamika.com, Dalam rangka pengamanan perayaan Tri Hari Suci dan Paskah 27 Maret 2016 mendatang, Polres Belu bersama jajarannya mengadakan Latihan Pra Operasi Semana Santa Turangga 2016 dengan melibatkan semua instansi terkait guna terjaminnya suasana keamanan dan kenyamanan saat perayaan suci Umat Kristen ini.

Latihan Operasi Semana Santa tersebut menurut Kapolres Belu AKBP Dewa Putu Gede Artha merupakan tahapan persiapan guna mengamankan Tri Hari Suci di Kota Atambua dan Wilayah Polres Belu di 2 Kabupaten yakni Belu dan Malaka.

Menurut Dewa bahwa Polres Belu tiap tahun mendapat tugas untuk mengamankan jalannya kegiatan Tri Hari Suci tersebut.
“Kita akan adakan latihan guna mengantisipasi hal-hal yang terjadi saat kegiatan berlangsung,” Kata Kapolres Belu.

Kapolres Melalui Kabag Ops Polres Belu, Apolinario Dasilva juga menyampaikan tahapan persiapan pengamanan Paskah juga dilakukan di Wilayah Kerja Polres Belu yakni dibeberapa Gereja yang ada di wilayah Hukum Polres Belu.

“Polres Belu akan kerahkan personel dalam rangka meningkatkan pengamanan guna mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan paskah,” Jelas Apoli sapaan akrab Kabag Ops Polres Belu. (Senin, 14/03/16).

Lanjut Apoli dalam pemaparannya saat rapat bersama beberapa instansi terkait bahwa ada Pihak Subden Pol yang disiapkan masing-masing 2 personil di tiap Gereja di Kabupaten Belu dan Malaka, sedangkan dari instansi terkait terdiri dari 820 personil.

“Brimob disterilisasi 10 org ditiap gereja, Satpol 110 orang yakni 30 personil di Gereja Katedral dan 80 personil tersebar di setiap gereja,” Kata Kabag Ops.

Selain itu, untuk PLN akan menyiapkan genset dan operator di setiap gereja guna mencegah pemadaman saat perayaan berlangsung, sedangkan Dinas perhubungan disiapkan 20 orang di Katedral dan Gereja Policarpus, serta Gereja Nenuk.

Tidak hanya itu, Latihan Pra Operasi ini akan digelar secara ketat guna terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif saat perayaan puncak berlangsung. (Yulianus Feka).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here