Pengurus RT/RW Dilarang Pungut Uang Kebersihan

0
545

Jakarta Pusat –Zonadinamika.com . Mulai Januari 2016, pengurus RT/RW di DKI Jakarta dilarang memungut uang kebersihan kepada warga.
Uang kebersihan bisa langsung disetorkan warga ke rekening Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Bank DKI.

Lanjut Ahok “Semua RT dan RW tidak boleh lagi memungut uang sampah,” Ucap Basuki Tjahaja Purnama, Gubernur DKI Jakarta, saat memimpin rapat pimpinan (rapim) di Balai Kota DKI, Senin (28/12). Para pengurus RT dan RW selama ini selalu meminta uang kebersihan kepada warga setiap bulan dengan alasan untuk membayar gaji pegawai pengangkut gerobak sampah.

“Untuk 2016 para pegawai tersebut telah direkrut menjadi petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) kelurahan . “Jelasnya Pegawai yang bawa gerobak di RT dan RW sudah kita rekrut jadi PPSU.

Maka tidak pantas jika masih ada ketua RW yang sampah dari warga?,” katanya.Ujarnya Basuki meminta kepada seluruh lurah di masing-masing wilayah untuk memberitahukan warganya agar membuka rekening Bank DKI.

Sehingga uang kebersihan tersebut bisa disetorkan warga secara langsung ke rekening Pemprov DKI. “Tolong semua lurah bilang sama warga supaya setor ke Bank DKI. Lebih tegasnya jangan Ada lagi ada lagi RT dan RW memungut duit dari warga.

“Tapi Kalau uang keamanan boleh. Pungkasnya Soalnya Menurutnya, Ahok pungutan uang kebersihan dari Ketua RT dan RW di wilayah selama ini banyak yang masuk ke kantung pribadi tidak ke dalam kas daerah.

Kasus yang demekian ini sudah marak terjadi di Jakarta khususnya di Jakarta Selatan, di mana pengurus RT/RW memungut uang kebersihan kepada restoran-restoran setiap bulan.(an)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here