Ribuan Massa “Banjiri” Taman Gizi Oyehe Dukung “DEKAT” Figur Pemimpin Pembaharu Nabire

0
738

Nabire Papua, Zonadinamika.com — Ribuan massa pendukung Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Nabire periode 2015-2020, Deki Kayame, SE dan Drs. Adauktus Takerubun, MM (DEKAT) memadati Taman Gizi Oyehe Nabire, Rabu (2/12/2015), mendengarkan orasi politik dan menyampaikan dukungannya sebagai figur pemimpim pembaharu lima tahun ke depan.

Pantauan wartawan zonadinamika.com, massa sejak pukul 08.00 WIT terlihat berkumpul di sejumlah titik kumpul. Mereka berdatangan dari seluruh penjuru, baik Nabire Barat, Topo, Siriwo,Wanggar, dengan titik kumpulnya di Wadio. Sementara dari arah Legari dan Teluk Kimi titik kumpulnya di Siriwini. Massa pendukung lainnya seperti lingkungan kota atau distrik Nabire, titik kumpul di Kota Lama, Bumi Wonorejo, Karang Barat, Kalisusu dan Kota Baru.

Bergerak dari semua penjuru, akhirnya Oyehe sebagai pusat jantung Kota Nabire, tampak “lautan manusia”. Kampanye terbuka pasangan calon (paslon) dengan julukan DEKAT ini benar-benar berbeda dari kampanye serupa dari paslon lain sebelumnya.

Kesiapan tempat kampanye terbuka dimulai dengan kegiatan dekorasi panggung dan sekitar Taman Gizi sejak hari Selasa (1/12/ 2015) pada Pukul 18:00 WIT dan berakhir Rabu dini hari (2/2/2015).

Pernyataan sikap dan dukungan disampaikan berbagai kalangan, baik pemuda, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan wakil ikatan kekeluargaan. Tak ketinggalan fungsionaris partai politik pendukung menyampaikan orasi politiknya.

Dihibur dengan musik dan lantunan lagu-lagu, Deki Kayame selaku Calon Bupati Nabire periode 2015-2020 yang diusung oleh Partai Demokrat, PDI-P, PPP dan PKS ini menyampaikan visi, misi dan program kerjanya jika nanti terpilih pada tanggal 9 Desember 2015.

“Saya siap memberantas Minuman Keras (Miras) di Kabupaten Nabire, karena penyebab dari Miras bisa menghancurkan generasi bangsa Papua, terjadi keributan dalam rumah tangga, mudah dapat penyakit yang mematikan dan lain-lain,” ujar Deki Kayame.

Selain itu, Deki juga menegaskan janjinya untuk membongkar sarang penyamun yang ada di Pasar Karang Tumaritis.

“Dan saya akan kaderkan anak-anak terminal Karang Tumaritis dan Oyehe. Caranya, saya akan angkat mereka ini menjadi Satpol PP dan ditugaskan di tempat-tempat keramaian,” tegasnya.

Program riil berikut, kata Deki Kayame, dana dari APBD, 10% untuk sektor Keagamaan, serta menyediakan modal untuk pengembangan usaha atau koperasi milik masyarakat Nabire. “Saya siap membantu modal usaha. Ya, Nabire kota sentral dari belasan kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah Papua, sehingga ini harus kita lakukan. Setiap tahunnya uang yang beredar di kabupaten Nabire bernilai belasan triliun. Tetapi sayangnya selama ini tidak terlihat, buktinya masyarkat melarat,” tutur Deki Kayame, mantan Kepala Distrik Wanggar.

Calon Wakil Bupati, Adauktus Takerubun menambahkan, perubahan di Kabupaten Nabire juga harus dimulai di bidang Pendidikan dan Kesehatan.

“Reformasi manajemen rumah sakit Nabire, dan kemudahan biaya studi bagi anak-anak Nabire. Selain itu bantuan bagi kampus-kampus swasta. Ini hal penting, karena saya pendiri dan dosen USWIM, paham bahwa pendidikan sangat penting. Mantan wakil bupati dan mantan bupati periode kemarin adalah anak didik saya di USWIM,” ujar Takerubun.

Pasangan DEKAT menerima tongkat estafet memimpin Nabire dari mantan Bupati Kabupaten Nabire, Drs. Anselmus Petrus Youw, M.Si, dengan program Gerbang Nun Biru (Jilid I) akan lanjutkan Jilid II dibawah visi pembangunan Kabupaten Nabire periode 2015-2020 yakni “Membangun dengan Hati, mewujudkan Nabire Baru yang Mandiri dan Sejahtera”.

Kayame dan Takerubun dengan tegas menyatakan sikap bahwa membangun Nabire itu harus “Dekat” dengan masyarakat guna mewujudkan kesejahteraan dan kemandirian hanya dengan cara “Dekat” dan selalu mendekati masyarakat Nabire.

Semua Mendukung

Dukungan datang dari berbagai paguyuban. Salah satunya, Keluarga Besar Yatamo yang berdomisili di Kabupaten Nabire menyatakan bahwa sepakat 100% mendukung Paslon Nomor Urut 4, Deki Kayame-Adauktus Takerubun.

Kesepakatan ini disampaikan masyarakat Yatamo di Nabire yang juga tim Pemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Pasangan Nomor Urut 4 dalam sebuah pertemuan bahwa telah memastikan jumlah DPT, dimana warga Yatamo mendiami 14 RT/RW dengan hak memilih yang terdaftar sebanyak 6.000 suara.

“Khusus warga asal Distrik Yatamo yang berdomisili di Nabire ini siap menangkan Deki-Takerubun,” ujar Ketua Tim Pemenangan DEKAT, Obeth You, S.Ip dalam pertemuan itu.

Alasan mendukung Pasangan Nomor Urut 4, kata dia, karena Paslon DEKAT lebih merakyat dan lebih dari itu keduanya adalah figur tepat untuk membawa suatu perubahan di Nabire.

“Visi, misi dan programnya tidak muluk-muluk, tetapi lebih riil dan menyentuh nurani masyarakat Nabire,” tegasnya memberi alasan.

Selain itu, Obeth juga mengungkapkan, pada tahun 2014 lalu, Deki Kayame pernah mempelopori satu kegiatan besar yang bagus untuk menyelamatkan generasi muda Nabire dan daerah Meepago.

“Bapak Deki Kayame menyukseskan kegiatan pemberantasan Miras dan HIV/AIDS di kawasan Meepago yang dipusatkan di Nabire. Kalau DEKAT terpilih, maka sudah pasti akan lanjutkan dengan membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang Pemasok Miras di kawasan Meepago, sebab Nabire adalah kota sentral,” tutur Obeth.

Tak hanya masyarakat Yatamo, dukungan dari masyarakat Dani, Lani, Ndauwa, Nduga, Ngalum, dan Keluarga Besar Maybrat serta suku-suku lain pun sama, bahwa pilihannya adalah Pasangan Deki Kayame dan Adauktus Takerubun yang layak memimpin Kabupaten Nabire periode 2015-2020.

“Tanggal 9 Desember kita semua pilih pasangan Deki dan Takerubun,” tegas Kepala Suku D3N di Nabire, Ayub Wonda.

Ditegaskan Ayub, hari yang ditunggu-tunggu, 9 Desember mendatang, bagi masyarakat Nabire adalah hari kemenangan bagi Paslon “DEKAT”.

Sejumlah pihak yang ditemui terpisah juga menyatakan dukungan senada. Mereka menaruh simpati kepada Pasangan Nomor Urut 4. “Kami mendukung dengan sepenuhnya karena pasangan DEKAT sangat tepat dan sudah sangat siap membangun,” ujarnya saat diwawancarai wartawan di Posko Pemenangan Nomor Urut 4 di Bumi Wonorejo.

Diketahui, di Pilkada Nabire 2015, delapan Paslon saat ini sedang kampanye terbuka. Tinggal dua paslon lagi. (Petrus Amoye Youw/Zonadinamika.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here