Lebak Gelar Sosialisasi Pilkades Serentak Tahun 2015

0
647

pilkadesLEBAK, Zonadinamika.com. Sosialisasi pilkades serentak tahun 2015 di Aula Multatuli lt.3 Setda Lebak Banten,Rusito kepala BPMPD Lebak,Jumat lalu usai acara ,kepada zonadinamika online menjelaskan bahwa para camat agar tidak libur pada hari sabtu dan minggu.

Guna agenda pilkades serentak berjalan sukses sesuai agendanya.Dijelaskannya dalam pilkades kali ini ada penanganan khusus atau skala prioritas bagi para mantan kades yang ikut kembali mencalonkan dan balondesnya lebih dari lima.

Tambah Rusito bagi para mantan Kades yang ikut kembali dalam pilkades sebagai persyaratannya yaitu melampirkan dokumen LPPD(Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa) akhir jabatannya serta mengurus persetujuan tertulis dari Bupati.

Senin lusa juga camat sudah bisa membentuk panitia pilkades diwilayahnya ,untuk itu camat harus tetap bekerja pada hari sabtu dan minggu,Saat ditanya keterwakilan perempuan dalam BALONDES ,ia menjelaskan pihaknya memberi ruang yang sama.

Rusito juga menjelaskan dari 266 desa dari 28 kecamatan ,sudah ada 945 BALONDES yang terdaftar saat ini,ditanya halnya anggaran,Rusito kembali menjelaskan bahwa anggaran berasal dari APBD yang disalurkan melalui APBDes,besarannya 28 jt s/d 48 jt an.

Dijelaskan kembali bila terjadi sengketa hasil pilkades dapat diselesaikan dalam tiga tahapan ,melalui panitia DESA, kemudian pada tim pembina kecamatan,serta final keputusannya akan ditentukan oleh tim evaluasi monitoring kabupaten.

Harapannya semoga tahapannya berjalan dengan baik dan minat dari BALONDESnya yang cerdas,mengingat tantangan dan persaingan global dimasa datang. (Farid Banten).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here