Akibatkan Hujan Beberapa Wilayah Kabupaten Agam Terjadi Bencana

0
90

AGAM -ZonadinamikaNews.com  Intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah kabupaten Agam yang semenjak Rabu (22/7) sore sampai hari ini Kamis (23/7) mengakibatkan beberapa wilayah Kabupaten Agam terjadi bencana, longsor, banjir dan putusnya jembatan di Bukit Malintang.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Mhd. Lutfi, AR, SH.MSi, mengatakan, curah hujan yang cukup tinggi telah terjadi bencana di beberapa tempat, yaitu banjir di kecamatan Tanjung Mutiara dan longsor di Kecamatan Lubuk Basung serta bencana.lainnya di beberapa tempat.

Bencana yang terjadi di Kecamatan Tanjung Mutiara yaitu putusnya kembali jembatan di Jorong Cacang Randah Nagari Tiku Utara, dan banjir di Pasia Paneh dan Jorong Gasan.

Akibat hujan dengan intensitas lebat, mengakibatkan terjadinya banjir dengan ketinggian 30 s.d 50 cm, Satgas PB dan Pusdalops langsung menuju lokasi untuk melakukan pendataan dan pembersihan material.

Adapun cacatan rumah yang terdampak pasca banjir menggenangi rumah masyarakat sebanyak 25 unit. Tim BPBD Agam bersama pemerintah kecamatan dan nagari jorong serta masyarakat setempat.

Berdasarkan data yang diterima dibeberapa tempat, saat ini masyarakat yang terkena banjir sedang melakukan penyelamatan barang dan alat-alat rumah tangga agar tidak terendam air, untuk jembatan yang putus di Cacang Tandah menuju Bukit Malintang masih bisa dilalui kendaraan roda dua, kata Lutfi.

Tim Satgas BPBD Agam tengah berada dilapangan bersama tim rescue Pol PP dan Damkar, serta PMI

Dia menambahkan di Lubuk Basung di Jorong Simaruok juga terjadi longsor di tiga titik lokasi, sehingga masyarakat tidak bisa lewat.

Saat ini Satgas TRC PB BPBD Kabupaten Agam beserta Pemerintahan Nagari dan masyarakat melakukan penanganan awal serta melakukan upaya lanjutan untuk penanganan selanjutnya. ( Zona-Yns )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here