ACEH TIMUR – ZonadinamikaNews.com.Sejumlah warga di Kecamatan Indra Makmur, Aceh Timur, kembali tumbang dan muntah-muntah akibat bau menyengat yang diduga berasal dari perusahaan PT Medco EP Malaka,kamis (16/5).

Menurut ketua ormas LAKI Aceh timur saiful anwar , bau yang diduga hasil pembakaran Gas PT Medco E&P Malaka tersebut sudah terjadi sejak sebulan terakhir, namun hingga sekarang belum bisa diatasi oleh perusahaan itu. Akibatnya masyarakat Lingkar Tambang semakin resah karena bau yang sangat menyengat hingga mengganggu pernafasan masyarakat Lingkar Tambang.

Selain itu akibat bau tersebut, seorang ibu rumah tangga, Murni, (33) jatuh pinsan, kamis (16/5) dan sejumlah warga lainnya terpaksa menutup hidung dengan kain dan tangan serta Masyarakat Lingkar Tambang lainnya mengaku mulai sesak dan mual- mual seperti ingin muntah.

“Sangat disayangkan di bulan suci Ramadhan yang penuh hikmah ini PT.Medco yang besar malah buat ulah yang bisa merugikan masyarakat lingkar tambang,” kata ormas LAKI Aceh Timur.

Dia menambahkan sampai hari ini bau menyegat seperti bau gas itu sudah sangat parah, karena sudah ada yang pingsan dan muntah-muntah .

“Jika ini terus berlarut dan tidak bisa diatasi oleh perusahan, ormas laki aceh timur dan Masyarakat Lingkar Tambang berharap PT Medco berhenti beroperasi. Kami ingin hidup Nyaman. Lebih baik tutup karena tidak ada untungnya atau tidak ada Aset Aceh Timur, bagi kami masyarakat Aceh Timur sekali lagi lebih baik angkat kaki atau tutup saja, kalau tidak mau angkat kaki kami masyarakat lingkar tambang akan demo,” ujarnya.

ormas LAKI juga mengomentari BPMA jangan lepas tanggung jawab, tidak cukup dengan mengutuskan tim investigasi yang tidak ada hasilnya. Dan PT Medco masih banyak persoalan yang belum dituntaskan di Aceh Timur. (ful)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here