PNS Pemkab Bekasi di Sergap Saber Pungli

0
347

BEKASI- Zonadinamika.com. Lagi Tim Saber Pungli Polrestro Bekasi menunjukkan taringnya,ikin tim saber Polresta Bekasi berhasil menangkap dua pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Dua pegawai ini kedapatan melakukan pungutan liar (pungli) di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Kantor Kecamatan Cikarang Barat.

“Selama Maret kemarin, kami mengamankan dua pegawai yakni tersangka WY seorang PNS dan tersangka RA, pegawai honorer,” ujar Kasubag Humas Polrestro Bekasi, Kompol Kunto Bagus, Kamis (6/4).

Dia menjelaskan, penangkapan terhadap tersangka WY dilakukan di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Bekasi, dengan korban berinisial PW.

WY melancarkan aksi pungli dengan modus operandi meminta uang sebesar Rp 10.000 kepada warga yang melegalisir Kartu AK1 atau Kartu Kuning, sebagai persyaratan bagi pencari kerja.

WY yang akan menandatangani surat legalisir, memerintahkan JS untuk menarik pungli terhadap warga yang mengurus surat legalisir Kartu Kuning. Setelah uang pungli terkumpul, kemudian WY membagi-bagikan kepada staf honorernya.

Saat ditangkap, kata Kunto, ditemukan uang tunai sebesar Rp 512.000 di ruangan WY. Tersangka tidak sendiri dalam melancarkan aksi pungli. WY dibantu bersama dengan JS, MT dan VTE, semuanya tenaga honorer.

“Mereka dijadikan saksi atas perbuatan tersangka WY,” katanya.

Tim Saber Pungli juga membekuk tersangka RA, pegawai honorer di Kantor Kecamatan Cikarang Barat.

RA menarik pungli terhadap korban ED. Modusnya, meminta uang Rp 6 juta terhadap ED yang melakukan pengurusan izin mendirikan bangunan (IMB). RA yang bertugas di bagian Ekbang Kecamatan Cikarang Barat‎, setiap beraksi dibantu oleh S dan NE. Kedua pegawai ini hanya dijadikan saksi terhadap kasus pungli yang dilakukan RA.

Untuk mempertangungjawabkan perbuatannya, kedua tersangka dikenakan Pasal 12 huruf (e) UU Nomor 20 tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Juncto Pasal 55 ayat (1) KUHP dengan ancaman hukuman tiga tahun penjara dan denda Rp 50 juta. Kini, para tersangka mendekam di tahanan Mapolrestro Bekasi, Cikarang Utara.(rihdo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here