Pembongkaran Bangunan Nyaris Terjadi, Jajaran Kecamatan Tambaksari Salahi SOP

0
365
SURABAYA- Zonadinamika.com. Beberapa jajaran di Pemerintahan Kota Surabaya khususnya Kecamatan Tambaksari melakukan agenda kerja bakti setiap hari jum’at. Dalam agenda tersebut pelaksanaan kerja bakti tepatnya diwilayah Kelurahan Pacar Keling, sepanjang jalan Gersikan yang bertujuan menciptakan kebersihan baik jalan maupun saluran drainase.
Sebagai wujud apresiasi program Pemerintah Kota Surabaya, Camat Tambaksari menghimbau seluruh lurah dan seksi Kecamatan Tambaksari agar kegiatan rutin kerja bakti dilakukan setiap hari jum’at. Dalam sasaran pembersihan jalan dan lorong saluran yang pada tahun lalu pasar gersikan pernah digusur tepatnya tanggal 18 juli 2016, sesampai terjadi pembongkaran paksa pada lapak PKL sebanyak 40 bangunan.
Hari Jum’at (31/3), kemarin, setelah selesai kegiatan kerja bakti. Jajaran Kecamatan Tambaksari kembali cekcok dengan warga setempat. Pasalnya, bangunan yang berukuran 3X4 diperuntukkan bengkel motor ini, diduga bangunan liar.
Anehnya, saat wartawan Zonadinamika.com bertemu dengan Lurah Dukuh Setro lantas menanyakan kenapa Pak Lurah pagi sekali berada disini? Apakah terjadi pembongkaran? Jawab Subakir, S.Sos, MM. Kebetulan kerja bakti di daerah sini, tidak ada pelaksanaan pembongkaran. Yang sedang berkumpul bersama lurah-lurah dijajaran Kecamatan Tambaksari.
Ketika terjadi keributan antara pemilik lahan, Lurah Pacar Keling sontak menyahut bangunan ini (bengkel) harus dibongkar. “bangli dibongkar nanti diperuntukan kantor RT,” sontak Sri Sukariati, SH dengan nada tinggi.
Tak terima perkataan Lurah Pacar Keling, Irma (46) pemilik lahan bangunan bengkel mengatakan bila terjadi pembongkaran, mana surat resmi. “orang tua saya beli, Bapak tahu riwayat tanah ini tidak,” kesalnya, dihadapan Camat Tambaksari, Drs. Ridwan Mubarun, M.Si dan RT 1, jalan Gresikan, Slamet.
Ia menambahkan, mohon maaf saya tinggal berangkat kerja. “mohon maaf saya tidak ada waktu, kalau memang terjadi pembongkaran saya minta surat resminya,” tegas warga Ploso X.
Saat dikonfirmasi awak media dirumah pemilik lahan, pemilik lahan pun menyambut ramah tama. Silahkan masuk. Bagaimana Bu Irma terkait riwayat tanah tersebut? Dulunya itu rumah milik orang cina terjadi kebakaran, setelah itu dibeli sama ayah saya dan saksinya itu Pak Silan.
Sekitar tahun 90an saya bertempat tinggal dirumah itu (jalan Gersikan) yang sekarang dipergunakan sebagai bengkelnya Pak Heri Wibowo (44), dulu dua lantai sebelum ada jalan tembusan ke arah jalan jedong, juga belum ada pasar dan ukurannya 4X4 meter, agak besar dibandingkan sekarang karena terkena pembebasan lahan. Juga saya manfaatkan sebagai usaha rental play station.
Sekarang pun menjadi penyempitan sampai ukuran lahan tersebut 2X3 meter itu dikarenakan program pemerintah. “saya ikhlas tidak minta ganti rugi, toh juga demi kepentingan masyarakat,” ikhlasnya.
Kenapa baru-baru ini dipermasalahkan?
Heri wibowo,  melanjutkan sudah lama membuka usaha bengkel. “Saya usaha bengkel ini mulai tahun 2006, ya tidak ada masalah,” ujarnya.
Terpisah, masih terkait permasalahan lahan bangunan bengkel milik irma, Ketua DPD LSM Icon RI mengatakan yang dinamakan bangli itu bangunan yang berdiri diatas lahan bukan miliknya atau bangunan tanpa izin. “misalkan terkait permasalahan tersebut yang sesuai aturan juga dasarnya ada untuk pembongkaran, si pemilik diberi surat edaran. Kalau tanpa surat edaran berarti pihak pemerintah melanggar Standart Operasional Prosedur (SOP),” jelas Zaenal M. di kantornya Komplek Andhika Plaza Lt. III Blok B-5 Jalan Simpang Dukuh 38-40, Surabaya.
Zaenal M. lanjutnya, melihat dari photo, TKP didalam saluran bukan di bahu jalan. “Kan sudah ada referensi peraturan menteri PUPR yang menjelaskan diukur dari tepi luar parit drainase kanan kiri saluran irigasi, dalam hal saluran irigasi mempunyai kedalaman kurang dari 1 (satu) meter, jarak garis sempadan saluran irigasi paling sedikit 1 (satu) meter yang tertuang pada Permen PUPR NOMOR 08/PRT/M/2015 TENTANG PENETAPAN GARIS SEMPADAN JARINGAN IRIGASI tepatnya Pasal 6 ayat 3,” singkatnya. (dms/dra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here