Intan Jaya Sudah Kondusif, Kapolres Paniai: 5 Orang Meninggal Dunia

0
415

JAYAPURA – Zonadinamika.com. Kapolres Paniai, AKBP. Leonardus Nabu mengatakan, sejak dua hari lalu situasi di Kabupaten Intan Jaya telah kondusif.

 

“Situasi di Intan Jaya sejak hari minggu aman dan kondusif,” kata Kapolres Paniai, AKBP. Leonardus Nabu ketika dikonfirmasi media ini, Selasa, (28/2/2017).

 

Ia menyebut, jumlah korban yang telah tewas (meninggal dunia) pada perang antar kubu telah menewaskan lima orang.

 

“Jumlah korban meninggal dunia lima orang. Luka berat ada sembilan orang dan luka ringan 101 orang,” ungkapnya tanpa menyebutkan nama-nama korban tersebut.

 

Selain itu, lanjuta dia, rumah yang dibakar sebanyak 12 dan yang dirusak sebanyak delapan. “Kalau honai yang dibakar itu berjumlah sembilan,” katanya.

 

“Kantor yang dirusak satu, yakni kantor KPU Intan Jaya. Lalu satu buah mobil yang dirusak,” ucapnya.

 

 

Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, berdasarkan laporan sementara, insiden itu disebabkkan adanya provokasi sehingga masyarakat diprovokasi menjadi anarkis.

 

 

“Identitas provokatornya sudah diketahui yaitu berinisial MT dan polisi akan meminta pertanggung jawaban dari yang bersangkutan,” ujarnya dilansir berbagai media.

 

Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai menyebut, ada beberapa keanehan dalam peristiwa ini, yakni orang Intan Jaya kalau berperang selalu ada penentuan tempat dan pembatasan waktu perang.

 

“Namun konflik di Pilkada ini perang berlangsung siang dan malam selama empat hari berturut-turut. Orang Intan Jaya kalau berperang sangat pantang memanah dan membunuh perempuan, anak dan orang tua. Namun dalam konflik ini dari 600 orang korban ini tidak sedikit perempuan, anak dan orang tua yang menjadi korban,” ungkapnya.  (AB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here