Disdik Kab Agam Perpanjang Belajar di Rumah Hingga 16 Mei

0
210

Kab Agma-ZonadinamikaNews.com.Seiring peredaran virus covid-19 dan pelanksanaan PSBB yang sedang berlangsung, maka Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat kembali memperpanjang belajar di rumah dari 1 hingga 16 Mei 2020 dalam rangka memutus mata rantai penularan wabah Corona Virus Disease (COVID-19).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Agam, Isra di Lubukbasung, Jumat, mengatakan perpanjangan belajar di rumah berdasarkan instruksi Bupati Agam No: 421/2183/ Disdikbud 2020 tentang Perpanjangan Waktu Pelaksanaan Kegiatan Ibadah Ramadhan di Rumah.

“Instruksi itu telah kita edarkan ke seluruh sekolah di daerah itu dan ini dalam rangka memutus mata rantai penularan wabah COVID-19,” katanya.

Ia menambahkan bunyi instruksi itu tentang teknis ibadah Ramadhan di rumah bagi peserta didik dan pelaksanaan tugas bagi tenaga pendidik dan kependidikan diatur oleh Disdikbud dan Kantor Kementerian Agama.

Aparatur sipil negara di lingkungan Disdikbud dan Kemenag menjadi contoh bagi masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa di rumah masing-masing.

Kepada orang tua diminta agar mengawasi anak-anak untuk tidak melakukan aktivitas dan ibadah di luar rumah atau berintegrasi dengan orang banyak atau ramai.

“Mereka akan ditertibkan oleh Satpol PP Damkar, pemerintah nagari dan lainnya,” katanya.

Belajar di rumah itu sudah tiga kali di perpanjang semenjak wabah COVID-19. Sebelumnya belajar di rumah ditetapkan 20 Maret hingga 2 April 2020. Diperpanjang 3 April sampai 16 April 2020, kembali diperpanjang dari 17 April sampai 30 April 2020 dan kembali diperpanjang 1-16 Mai 2020.

Selama belajar di rumah siswa mengirimkan tugas yang diberikan guru secara online atau daring setiap hari.

Namun bagi orang tua siswa yang tidak memiliki android, tambahnya, siswa bisa mengirimkan tugas melalui pesan singkat atau Short Message Service (SMS).

Sedangkan siswa yang berada di daerah blank spot alias wilayah yang tidak terjangkau sinyal pemberian tugas secara manual.

Daerah blank spot itu berada di sebagian Kecamatan Ampeknagari, Tanjungmutiara, Malalak, Palembayan, Palupuh dan lainya.

“Tugas diantar ke sekolah atau ke rumah guru setiap satu kali selama tiga hari,” katanya.(zaheman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here