Karawang | zonadinamikanews.com: Bersama Komunitas SBB (Sahabat Batujaya Bersatu) sejumlah mahasiswa Universitas Singaperbangsa Karawang (UNSIKA) yang sedang menjalankan KKN (Kuliah Kerja Nyata) 2019 tematik citarum harum mengenalkan sampah bisa menjadi uang dengan program Bank Sampah kepada masyarakat Desa Telukbango RT 05/RW 03, Kecamatan batujaya, Kabupaten Karawang, Rabu(17/7/3019) sore.

Dekos (20) dan rekan-rekan mahasiswa lainnya dari divisi Linkungan KKN  mencoba memberikan penyuluhan sebuah edukasi guna menjaga kelestarian lingkungan serta menambah penghasilan hanya dengan mengumpulkan sampah. “Pembentukan Bank sampah ini akan memicu langkah awal masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan, serta jiwa sosial antar masyarakat “ Ujar Dekos (21),kepada www.zonadimamikanews.com, Rabu (17/7).

Bank Sampah ada di masyarakat diharapkan akan lebih mendorong masyarakat untuk mencintai lingkungan dengan mengumpulkan sampah karena bukan hanya menjadikan lingkungan sekitar masyarakat lebih bersih tetapi masyarakat pun akan mnedapatkan keuntungan secara finansial. 

“Dengan hanya mengumpulkan sampah plastik masyarakat bisa menukarnya dengan uang, karena di Bank sampah ini sampah plastik masyarakat akan kami beli dengan sistem tabungan”.  Ujar Wasim Mursalim (39) perwakilan dari komunitas SBB (Sahabat Batujaya Bersatu) saat memberikan materi Bank sampah kepada masyarakat.

Sistem tabungan, Wasim menjelaskan, “yakni masyarakat akan diberikan buku pegangan yang berisi catatan setoran sampah masyarakat yang kemudian akan disetorkan ke SBB tiap bulannya, kemudian tabungan sampah akan ditukarkan dengan uang pada waktu yang sudah ditentukan”. Tutup Wasim Ketua Komunitas SBB, Rabu (17/7/2019).

Disisi lain menurut Koordinator Desa (Kordes) KKN UNSIKA Desa Telukbango Defit (21) mengatakan. “Kegiatan kemarin pada saat sosialisasi Bank sampa bersama SBB sungguh sangat membantu sekali tehadap masyarakat khususnya kepada para ibu rumah tangga, sehingga mampu mendapatkan tambahan finansial dengan menabung sampah, selain itu dapat mengurangi juga sampah-sampah disetiap rumah sehingga menciptakan lingkungan menjadi bersih nan asri.” Ujar Defit (21) selaku ketua kordinator KKN Desa Telukbango terkait kegiatan sosialisasi Bank sampah rabu (17/07) sore di Dusun Kampung tengah , RT 05/RW 02 Desa Telukbango, Kecamayan Batujaya, Kabupaten Karawang. 

“Alhamdulillah masyarakat yang hadir dalam sosialisai langsung daftra menjadi nasabah, yang daftr sudah ada 15 Nasbaha Bank Sampah, artinya warga setempat sangat mendukung dan antusias adanya Bank Sampah”. Pungkas Defit

Usai sosialisai hasil pantauan zonadinamikanews.com para kaum ibu ibu antusias saat mendengarkan sosialisasi Bank sampah oleh mahasiswa peserta KKN UNSIKA dan langsung menjadi nasabah Bank Sampah di lingkunag sekitar. (MIJ)
Sumber: KKN UNSIKA

Editor: Wasim Mursalim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here