Tenaga Pengajar di SD di Gunung Gijul Memprihatinkan,Hanya Satu Guru PNS

0
312

Lampung Utara,Zonadinamika.Com: Banyak masalah sertifikasi guru di kabupaten Lampung Utara, salah satunya Sekolah Dasar Negeri(SDN) di daerah pedelaman perdesaan kecamatan Abung Tengah desa gunung Gijul. Di mana satu satunya sekolah formal yang berada di desa cukup terisolir itu, hanya ada satu guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS), yang di bantu oleh empat orang tenaga sukarela. Yang saat ini mereka masih semangat tetap memberikan pengajaran kepada anak murid yang bersekolah disini.

Terkadang para guru sulit untuk fokus mengajar. karena muridnya ada enam rombongan belajar (ROMBEL). Jadi ada salah satu guru bantu yang mengajar dua kelas. Presiden Joko Widodo telah jelas jelas mengintruksikan, bahwasanya segala tunjangan di berikan termasuk sertifikasi, dalam pemerataan pendidikan di seluruh wilayah negeri ini.

Namun, lagi-lagi kenyataan di lapangan justru  sebaliknya terjadi. Dan dalam sumpah pegawai negeri yang di ambil saat menerima SK awal aparat sipil negara (ASN) di siratkan bahwah setiap abdi negara siap untuk di tempatkan di seluruh wilayah hukum republik Indonesia.

Namun ayalnya sekolah tingkat dasar pembentukan karakter jati diri generasi bangsa di daerah tersebut seakan terpinggirkan. “Iya keadaanya emang seperti itu,kelasnya ada enam cuma guru negerinya ada satu,” kata Linda Nirwana warga setempat. Menurutnya tidak hanya guru berstatus negeri atau istilah Masyarakat di sana yang jumlahnya minim, sarana prasarana dalam mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah itu, patut di pertanyakan.

“Dulu ada seorang guru PNS yang berasal dari tetangga sebelah yang mengajar disini, tapi sekarang sudah pensiun, dan sampai sekarang tak ada penggantinya.ungkapnya ( Sd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here