Pengenalan Navigasi Darat Saka Wira Kartika Koramil 0802/07 Badegan

0
381

PONOROGO-Zonadinamika.com. Sebanyak 23 anggota Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 17/Badegan Kodim 0802/Ponorogo berlatih pengenalan Dasar Navigasi Darat di Aula Koramil 07/Badegan dan pelaksanaan praktek menggunakan daerah sekitar Koramil, Minggu (21/05/17)

Dalam kesempatan itu, anggota Pramuka Saka Wira Kartika binaan koramil 07/Badegan mendapat penjelasan tentang apa itu Navigasi Darat (Navrat) yang diberikan oleh oleh Danramil 07/Badegan Kapten Inf A.Boaz N dan Bati TUUD Koramil 07/Badegan Pelda Gatot Danramil menyampaikan bahwa sebenarnya Navrat adalah ilmu praktis yang akan selalu terasah jika sering berlatih. Di dalam berlatih Navrat seorang anggota Pramuka harus peka membaca tanda-tanda peta dikarenakan tanda-tanda tersebut merupakan kondisi sebenarnya yang ada dilapangan.

Kelengkapan didalam Navigasi Darat diantaranya adalah peta, kompas, dan tracker yang kesemuanya digunakan untuk menentukan posisi pada peta dan posisi sebenarnya.

Dengan dibekali kemampuan Navrat ini diharapkan anggota Pramuka Saka Wira Kartika Koramil 07/Badegan ini akan mampu menguasai medan, dengan adanya kemampuan ini suatu saat anggota Pramuka Wira Kartika dapat diberdayakan untuk membantu pemerintah mencari korban yang tersesat, menolong korban bencana alam, dan keadaan darurat lainnya yang berkaitan dengan kemampuan Navigasi Darat, tegas Danramil.

Kegiatan yang dilaksanakan sehari semalam ini juga melatih para anggota sakawira kartika untuk bisa mandiri dan bisa mengatasi kesulitan yang dihadapi tentunya bisa menjadi bekal para anggota sakawira kartika kelak di kemudian hari.

Di tempat yang berbeda Dandim juga mengapresiasi kegiatan Sakawira kartika binaan Koramil badegan sangat positif itu merupakan aset generasi muda yang akan datang yang harus di pupuk dan di tumbuh kembangkan agar para generasi muda terus berkreatif tentunya dgn kegiatan yang positif, harapanya agar saka wira kartika binaan Koramil 07/Badegan bisa terus dilaksanakan dan lebih maju kembali. (Must Oen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here