Wakil Bupati Lepas Kontingen Pramuka Kapuas.

0
536

KUALA KAPUAS –  Zonadinamika.com. Sebanyak 75 orang kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kapuas yang akan mengikuti Jambore Nasional  X Tahun 2016 di bumi perkemahan Cibubur Jakarta, secara resmi dilepas oleh Wakil Bupati Kapuas H Muhajirin yang juga sebagai Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kapuas, di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Kamis ( 11/8 ) pagi.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kapuas yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova dalam laporanya menyampaikan bahwa kontingen Kwarcab Kapuas yang berjumlah 75 orang direncanakan berangkat pada tanggal 12 Agustus 2016 melalui Bandara Syamsudinoor Banjarmasin,  dan kembali dari Jakarta tanggal 22 Agustus 2016 melalui Bandara yang sama.

Pembukaan Jambore Nasional ke X di Bumi perkemahan Cibubur Jakarta dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada tanggal 14 Agustus 2016 di lapangan utama Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta dan penutupan pada tanggal 20 Agustus 2016.

Peserta Jambore Nasional dari Kabupaten Kapuas terdiri dari Kwartir ranting selat 18 orang, Pulau Petak 2 orang, Kapuas Murung 2 orang, Dadahup 2 orang, Mantangai 2 orang, Kapuas Timur 2 orang, Bataguh 2 orang, Kapuas Tengah, Kapuas hilir, Kapuas Kuala, Tamban Catur masing-masing 1 orang, Pembina pendamping sebanyak 4 orang, andalan cabang anggota Pinkon sebanyak 20 orang, serta peninjau 13 orang.

Kegiatan yang diikuti oleh peserta jambore diantaranya tehnik keramukaan, kecakapan hidup di alam terbuka, seni budaya dan ketrampilan, wisata dan pembinaan mental dan rohani serta berkelana di luar bumi perkemahan di alam terbuka di sekitar Jakarta dan Jawa Barat.

Diakhir laporanya, diharapkan melalui keikutsertaan kontingen cabang gerakan pramuka Kapuas dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta kualitas dan kuantitas kepramukaan di Kabupaten Kapuas pada masa yang akan datang.

Sementara itu ditempat yang sama Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan langsung oleh Wakil Bupati Kapuas H Muhajirin, mengharapkan kepada Pimpinan Kontingen, Pembina Pendamping serta seluruh peserta kontingen dari Kabpaten Kapuas, agar selalu menjaga kekompakan dan kebersamaan, menjunjung tinggi filosofi Huma Betang, ”Dimana Bumi Dipijak disitu Langit kita Dijunjung” .

“Jadilah teladan dan berprestasi dalam segala bidang baik dalam akademik maupun kepramukaan, sahabat terbaik yang selalu mengajak teman agar menjauhi narkoba, minuman keras dan hal-hal yang merusak masa depan, berbakti kepada orang tua serta tekun menuntut ilmu baik melalui bangku sekolah maupun organisasi, berakhlak mulia, berjiwa patriotic, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai luhur Bangsa, menjaga dan membangun NKRI serta mengamalkan Pancasila dan melestarikan lingkunganhidup” pintanya.(angga

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here