Pelatihan Jurnalistik di SMA Negeri 2 Kota Tangerang

0
569

pelatihan ipjiTANGERANG,Zonadinamika.com. Pendidikan. Dalam sebuah komunitas berkomunikasi merupakan hal yang sangat penting , termasuk di kalangan pelajar sekalipun. Karena dengan komunikasi, maka permasalahan apapun yang dihadapi dapat berjalan lancar.

Hal ini diakui oleh para Kepala Sekolah di Tangerang, utamanya di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2, Kota Tangerang Provinsi Banten.
Mereka menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik, yang diselenggarakan selama dua hari, pada 15 dan 18 Mei 2015. Sebanyak 42 siswa siswi antusias mengikuti pelatihan jurnalis yang diselenggarakan atas kerjasama pihak sekolah dengan Ikatan Penulis dan Jurnalis Indonesia (IPJI) Banten dan Pijar Keadilan Banten.

“Kami berharap para murid dapat mengenal dunia Jurnalistik untuk membangun komunikasi antara guru, murid dan orang tua,” ujar Drs. H. Tatang Murdio H, Msi, Kepala Sekolah SMAN 2, saat membuka kegiatan pelatihan, Jum’at (15/5).

Tatang menjelaskan, “Dengan adanya pelatihan Jurnalistik ini semoga akan menambah khasanah keilmuan bagi seluruh peserta, sehingga akan menunjang segala aktifitas dalam segala hal khususnya dalam bidang Jurnalistik” katanya.

Sementara itu Josep Minar SH, Ketua IPJI Dewan Pimpinan Wilayah( DPW) Banten menjelaskan, Pelatihan ini bertujuan agar para murid dapat berkomunikasi secara global.

“Ini karena dengan komunikasi yang kuat akan berdampak positif bagi komunitas itu sendiri.

Sebagai contoh, Josep menjelaskan, para murid yang telah mendapat pelajaran tentang jurnalistik, maka diharap dapat menjembatani hubungan komunikasi antara guru, murid dan orang tuanya. “Mereka akan merealisasikan hasil pelatihannya dengan menerbitkan Majalah Dinding (Mading),” tutur Josep Minar.

Dalam pantauan Zona Dinamika, saat pelatihan berlangsung, semangat para pelajar dalam mengikuti pelatihan sangat tinggi. Ini terbukti karena mereka dengan seksama memperhatikan penjelasan dari nara sumber yang juga Pemimpin Redaksi (Pemred) Berita Indonesia, Eduard AN. dan Drianto Martono, Kepala Perwakilan Banten Zona Dinamika.

Seluruh peserta diikut sertakan secara aktif, karena selain teori, mereka juga langsung praktek hunting berita dan menerbitkannya.“Kami ingin para peserta berhasil menciptakan sebuah media di sekolahnya, maka materinya kami sesuaikan dengan klasifikasi usia,” kata Eduard dan Drianto, narasumber yang mengaku ingin pelatihan jurnalis ini berkualitas.

Ada tiga materi yang disajikan dalam pelatihan tersebut. Pertama para peserta diberikan pengetahuan tentang media, materi kedua tentang produksi (penerbitan) yang menjelaskan bagaimana membuat penerbitan media, mulai dari redaksi, pra cetak (termasuk tata letak) sampai finishing (cetak) dan materi bagaimana cara membuat berita.

“Materi yang sangat penting, bagaimana cara mereka membuat berita. Ini sungguh mengejutkan, ternyata mereka memiliki kreatifitas yang tinggi seperti membuat judul berita layaknya seorang wartawan profesional, dapat menggugah pembaca” kata Drs.Suryanta,Sekertaris Pijar Keadilan Banten, yang mengaku bangga dengan hasil pelatihan tersebut. (Driatama)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here