Masyarakat Aceh Gelar Aksi Tuntut Keadilan Pada Pemkab Aceh Timur

0
109

Aceh-ZonadinamikaNews.com.Massa yang tergabung dalam Barisan Rakyat Peduli Keadian menggelar aksi unjuk rasa menuntut hak dan keadilan kepada pemerintah Aceh Timur, (rabu 16/9/2020). Aksi dimulai pada pukul 10.30 sampai pukul 14.00 WIB.

Aksi dimulai di depan Kejari Idi, Aceh Timur, pada pukul 10.30 WIB sampai dengan selesai. Setelah menyampaikan beberapa tuntutan didepan Kejari, selanjutnya massa bergerak menuju ke Kantor Bupati Aceh Timur.

Dalam aksi yang berlangsung di depan Kejari Idi dan di depan Kantor Bupati, massa dari Barisan Rakyat Peduli Keadilan meminta penegak hukum dalam hal ini Kejari untuk bersikap adil dalam menegakkan hukum dan keadilan di Aceh Timur khususnya.

Selain itu, pihak unjuk rasa menduga bahwa Bimtek yang diselenggarakan di salah satu hotel megah di Aceh Timur itu diduga tidak ada izin dari pihak Pemerintah Aceh Timur dan dari pihak terkait lainnya seperti Kapolres, Satgas Covid-19 dan Kemendagri.

“Program tersebut sangatlah tidak adil, per-desa dimintakan uang 5 juta per- orang untuk Bimtek, tiap desa harus mengeluarkan anggaran 20 juta untuk 4 orang yang ikut Bimtek, dan itu juga pertahap. Coba bayangkan, jika 20 juta / desa, kalikan 513 desa yang ada di Aceh Timur, berapa jumlahnya”?, kata salah satu Ormas dalam orasinya.

Berikut tuntutan pihak massa peserta aksi :

– Meminta kepada penegak hukum agar mengusut dan menghentikan Bimtek aparatur dengan miliyaran dana desa yang diselenggarakan dihotel megah di Aceh Timur.
– Meminta Kepala DPMG untuk diberhentikan dan usut keterlibatan pihak yang terkait dalam Bimtek.
– Meminta rincian dana Covid-19 APBK Aceh Timur, Rp. 30,7 miliyar.(SF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here