LAKI DPC Aceh Timur Buka Pengaduan Korupsi Penggunan Dana Covid 19

0
215

Aceh Timur–ZonadinamikaNews.com. Laskar Antikorupsi Indonesia mengajak seluruh elemen masyarakat kabupaten Aceh Timur untuk bersama sama aktif mengawal penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa terhadap masyarakat terdampak pandemi covid 19.

Peran aktif masyarakat sangat dibutuhkan untuk mengawasi Dana desa yg dialokasikan Untuk BLT, upaya ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya praktek korupsi.

Ketua Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) Aceh Timur, Saiful Anwar mengatakan bahwa potensi penyalagunaan tersebut tidak menutup kemungkinan akan terjadi apabila lemahnya control dari steakholder terkait pada program BLT Dana Desa tahun 2020 ini.

Laskar Anti Korupsi Indonesia ( LAKI) saat ini telah membuka Pengaduan untuk Masyarakat mengenai indikasi korupsi dana BLT. jika masyarakat menemukan adanya indikasi korupsi Pengunaan Dana Covid 19 Program BLT Dana Desa Tahun 2020 ,masyarakat dapat melaporkan melalui via email : lakidpcacehtimur@gmail.com.

Saiful Anwar juga mengatakan “Pelaksanaan BLT-Dana Desa dalam sudut pandang Ombudsman Republik Indonesia juga dapat menimbulkan praktek maladministrasi atau penyimpangan prosedur”.

Berdasarkan Peraturan Ombudsman Nomor 26 Tahun 2017, maladministrasi adalah perilaku atau perbuatan melawan hukum, melampaui wewenang, menggunakan wewenang untuk tujuan lain dari yang menjadi tujuan wewenang tersebut, termasuk kelalaian atau pengabaian kewajiban hukum dalam penyelenggaraan negara dan pemerintahan yang menimbulkan kerugian materiil dan/atau immateriil bagi masyarakat dan orang perseorangan.” tukasnya

Hal tersebut disebakan oleh pendataan yang tidak menyeluruh dan nepotisme, integritas pendata sekaligus masyarakat yang didata meragukan.(zdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here