Aceh Timur-ZonadinamikaNews.com.GMPK Aceh Timur, kali ini kembali meminta khususnya kepada seluruh Intansi Dinas Dikabupaten Aceh Timur yang sekarang berada dibawah Kepemimpinan Bupati H.HASBALLAH S.H, GMPK meminta untuk jangan takut akan tetapi harus percaya diri menyerahkan LPJ (Laporan pertanggung jawaban) dari setiap intansi pemerintahan yang dimintai oleh masyarakat/Lsm, karena Aceh Timur sudah 4 kali memperoleh WTP dari BPK Provinsi Aceh.

Pada kesempatan yang sama Muhammad Nazir,SH selaku bagian yang menangani bidang advokasi anti korupsi juga menambahkan “Kami (GMPK) dan kawan – kawan dari LSM yang lain bukanlah kelompok yang harus ditakuti dan dimusuhi, sehingga setiap kali kami ke Dinas di kabupaten Aceh Timur kerap mendapat perlakuan yang tidak mengenakan dan dipandang sebelah mata. Apa yang sudah kami lakukan selama ini, itu sudah sesuai dengan UU no.14 thn 2008 yaitu tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Dalam.UU.No 14 thn 2008 sangat jelas disebutkan kegunaan UU tersebut antara lain :

Bagi Rakyat, adalah UU yang memberikan jaminan kepada rakyat memperoleh Informasi Publik untuk meningkatkan peran aktif  mereka dalam penyelenggaraan negara, baik pada tingkat pengawasan, pelaksanaan penyelenggaraan negara maupun pada tingkat pelibatan selama proses pengambilan keputusan publik.

Bagi Badan Publik, adalah UU yang memberikan kewajiban kepada Badan Publik untuk meningkatkan pengelolaan dan pelayanan informasi, serta membuka akses atas Informasi Publik, baik secara aktif (tanpa didahului permohonan) maupun secara pasif (dengan permohonan oleh Pemohon).

Tentunya UU no.14 thn 2008 tidak semata – mata dibuat sebagai koleksi aturan Hukum di indonesia didalam UU tersebut sangat jelas arah dan tujuan nya sebagai mana yang tercantum dibawah ini :

Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik dibuat dengan tujuan :

  1. Ada jaminan hak bagi rakyat untuk mengetahui rencana, program, proses, alasan pengambilan suatu keputusan publik termasuk yang terkait dengan hajat hidup orang banyak;
  2. Mendorong partisipasi masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik dan pengelolaan Badan Publik yang baik;
  3. Mendorong penyelenggaraan negara yang baik, yaitu transparan, efektif dan efisien, serta akuntabel;
  4. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan mencerdaskan kehidupan bangsa; dan/atau
  5. Meningkatkan kualitas pengelolaan dan pelayanan informasi di lingkungan Badan Publik untuk menghasilkan layanan informasi yang berkualitas.

Semoga dengan Adanya informasi ini bisa menambah wawasan bagi setiap Kepala dinas dalam Menjalankan Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur untuk kedepannya menjadi lebih transparan dan akuntable khususnya dalam setiap lapoean keuangan.

Sebagai mana yang kita ketahui dalam Setiap LPJ tidak sedikit ada temuan-temuan LPJ bodong alias yang tidak sesuai dengan realisasi di lapangan

Sesuai dengan papan Reklame yang dipasang di Kantah Kabupaten Aceh Timur yang bunyi nya “Anda memasuki Zona Integritas Wilayah bebas Korupsi” dan itu bisa menjadi sinyalamen yang bagus untuk mewujudkan Pemerintahan yang terbebas dari praktek Korupsi pungkas Muhammad Nazir,SH.

GMPK Aceh Timur berharap dalam kegiatan yang positif ini supaya mendapat dukungan penuh dari Bupati Rocky untuk sama-sama dapat mengawasi jalannya Roda pemerintahan kabupaten Aceh timur yang bersih dari perilaku koruptif.(zd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here