Pemalang Jateng ZonadinamikaNews.com – LSM-PMPR INDONESIA DPD Jawa Tengah berkolaborasi dengan DPC Kabupaten Pemalang kini tengah mencari fakta-fakta dilapangan,terkait adanya dugaan sengketa tanah di Desa Jebed Selatan Kecamatan Taman,yang hingga saat ini belum ada titik terang.

“Kami sudah menurunkan tim investigasi dilapangan,sebenarnya sejak kemarin.Semoga usaha kami tidak sia-sia”.Ujar ketua DPC Kabupaten Pemalang LSM-PMPR INDONESIA H.Chandra yang didampingi Willy selaku sekretaris,ditemui saat berada dilapangan.Menurut mereka,banyak kejanggalan dilapangan ketika melakukan investigasi.

Mulai dari kantor Jebed Selatan Kecamatan Taman dan juga kantor Jebed Utara,tidak ada yang mau menunjukkan bukti dan status tanah yang dimaksud (baca : ZONADINAMIKANEWS.COM/14.03.2019).

Ditempat lain,para ahli waris sepakat untuk tetap berusaha mengungkap status tanah peninggalan Alm.Cari ayah kandung mereka.”Pokoknya kami tetap ingin tahu status tanah tersebut,karena itu dulu adalah milik orang tua kami”.Ujar Harto yang diamini Prediyanto,yang notabene sebagai ahli waris.

Sebelumnya,menurut keterangan kepala Desa Jebed Selatan Casmuri,SH bahwa tanah yang dimaksud sudah bersertifikat.”Kayaknya sudah bersertifikat itu”.Jawabnya dengan logat Jawa yang kental,sembari membaca berkas surat kuasa yang disodorkan tim LSM-PMPR INDONESIA,diruang kerjanya.

Tidak puas sampai disitu,tim investigasi menyambangi kantor Camat Taman.Berniat untuk mendapatkan penjelasan dan data serta berkas terkait status tanah tersebut terkini.Namun,Wibowo selaku camat Taman belum bisa menjawab dengan pasti.”Iya nanti coba kita koordinasi dengan pihak Desa Jebed Selatan dulu ya mas”.Ujarnya kepada tim investigasi diruang kerjanya siang itu.

Sampai dengan akhirnya,tim investigasi mencoba klarifikasi dengan pihak BPN (Badan Pertanahan Negara) Kabupaten Pemalang,Tengku Fadil Fadri,Aptn.HMM selaku kepala kantor,melalui Muhani sebagai kepala seksie Sengketa Tanah.Menjelaskan,bahwa,pihaknya hanya mendapatkan tembusan dan nanti akan dikoordinasikan kembali pada Desa Jebed Selatan.”Nanti saya akan memerintahkan kepada Desa Jebed Selatan untuk memberi jawaban secara tertulis”.Paparnya meyakinkan pada tim investigasi diruang kerjanya.

Perlu untuk diketahui,mulai dari pihak Desa Jebed Selatan,Camat Taman,pihak Desa Jebed Utara hingga klarifikasi pada pihak BPN.Belum ada satupun yang menunjukkan bahwa status tanah tersebut sudah bersertifikat.Dari hasil penelusuran tim investigasi,mereka hanya mendapatkan jawaban secara lisan saja tanpa menunjukkan bukti sertifikat yang dimaksud.(SA.1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here