9 Wanita Cantik Berjuang Jadi Puteri Pariwisata Belu 2017

0
425

ATAMBUA, NTT-Zonadinamika.com, Semangat Pemerintah Daerah Kabupaten Belu untuk terus mempromosikan Destinasi Wisata Belu kepada Wisatawan Mancanegara terus berlanjut. Kini, Dinas Pariwisata Kabupaten Belu tak tanggung-tanggung menghidupkan kembali ajang pemilihan Duta Wisata dan Putri Pariwisata Belu tahun 2017 yang sudah di gelar kemarin. Selasa (6/6) di Gedung Serba Guna Betelalenok Atambua, Belu, NTT.

Pada tahun ini ada sebanyak 29 finalis dari sembilan kecamatan yang akan berebut tahta Puteri Pariwisata Belu 2017 dan Duta Wisata (Manek dan Bete) Belu 2017. Sebanyak 9 (sembilan) wanita cantik berjuang menjadi Putri Pariwisata Belu 2017, 7 (tujuh) wanita cantik berjuang merebut Duta Wisata Bete Belu dan 13 (tiga belas) pria ganteng berkompetisi meraih Duta Wisata Manek Belu 2017.

Sekretaris Daerah Kabupaten Belu, Drs. Petrus Bere mengatakan, melalui even ini kita dapat memilih figur muda Kabupaten Belu yang menjadi duta dalam mempromosikan potensi-potensi Kabupaten Belu guna menarik wisatawan mancanegara.

“Target Kadis Pariwisata tahun ini kurang lebih 25 ribu wisatawan mancanegara datang ke Belu. Secara nasional 15 juta wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia,” ucap Sekda Bere.

Tujuan Even ini tidak hanya sebatas memilih siapa saja yang tercantik dan terganteng ungkap mantan Asisten 1 Sekda Belu ini bahwa, tetapi lebih dari itu sebagai sarana persiapan mental dan prestasi generasi muda kabupaten belu.

“Bete, Manek dan putri putri pariwisata Kabupaten Belu harus berani. Banyak anak belu yang ganteng dan cantik tetapi belum percaya diri. Kali ini baru 30-an orang anak muda yang berani untuk tampil,” sebut Sekda Bere di sambut riuh tepuk tangan tamu undangan.

Sambungnya, finalis Duta Wisata dan Putri Pariwisata harus mempresentasikan diri sebaik-baiknya, dengan menunjukkan identitas diri sebagai wanita belu yang cantik, pria Belu yang ganteng dan dan berprestasi.

“Para finalis harus tampil cakap, baik dari aspek pengetahuan maupun wawasan. Orang Belu harus elegan, dewasa, memiliki gagasan-gagasan strategis, tenang dalam berkomunikasi dan harus tampil beda,” tandasnya.

Bagi yang terpilih, demikian disampaikan Sekda Belu bahwa, harus membantu Pemerintah dalam mempromosikan potensi-potensi budaya yang ada di Kabupaten Belu ini.
“Kehadiran duta wisata hendaknya menjadi inspirator, motivator bagi para generasi muda yang masih banyak belum percaya diri dan masih takut. Sebagai tulang punggung bangsa, pemuda-pemudi Belu harus tampil berani,” tandas Petrus Bere.

Menyinggung kepribadian, Bete dan Manek maupun Putri-Putri Pariwisata harus memiliki ketulusan, rendah hati, kesetiaan dan bertanggungjawab. Mereka juga harus percaya diri, berjiwa besar dan harus empati.

“Orang yang tulus selalu berkata jujur, berkata benar dan tidak mengada-ada. Itu yang dibutuhkan. Orang sombong di mana-mana orang tidak suka, tetapi orang rendah hati dia berteman dengan siapa saja. Orang yang setia selalu dipercaya dan diandalkan. Jadilah orang yang dipercaya dan selalu diandalkan, kalau salah berani katakan salah, tetapi ada orang yang bersalah masih berdalih dan menutup-nutupi kesalahan. Orang-orang seperti itu tidak di bisa percayai,” terangnya.

Menyinggung penilaian, Sekda Belu memastikan kepada Panitia dan Dewan Juri bahwa mereka yang terpilih untuk mewakili Kabupaten Belu pada even di tingkat Provinsi maupun tingkat pusat nanti, adalah mereka yang memiliki knowledge (pengetahuan), attitude (sikap), skill (ketrampilan) yang paripurna.

“Kita menilai tanpa pandang bulu, apakah dia keluarga atau kerabat, tetapi meraka yang terpilih adalah betul-betul Bete dan Manek maupun putri-putri pariwisata yang memiliki kemampuan paripurna untuk menjadi duta,” pungkasnya. (pkpsetdbelu)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here