Tekan Angka Kecelakaan Berkendaraan, Kodim Madiun Gelar Operasi Gaktib

0
352

MADIUN – Zonadinamika.com. Jumlah angka kecelakaan di jalan raya saat ini dinilai masih cukup tinggi dan mengalami kenaikan, sehingga mengakibatkan kerugian yang cukup besar, baik itu kerugian personel maupun materiil. Guna mencegah dan meminimalisir terjadinya kecelakaan dalam berkendaraan, Kodim 0803/Madiun dan Denpom V/1 Madiun mengadakan pemeriksaan terhadap kondisi kendaran dan kelengkapan administrasi kendaraan dinas maupun kendaraan pribadi milik personel Kodim 0803/Madiun. (Jum’at 19/5/2017).

Kegiatan Operasi Penegakan Ketertiban (Gaktib) dalam satuan merupakan bagian dari Operasi Waspada Wira Clurit dan merupakan program dari Komando Atas.  Operasi Gaktib yang dilaksanakan Denpom V/1 Madiun yang terbagi dalam empat tahap, yang meliputi tahap sosialisasi, tahap preventif, tahap represif dan tahap evaluasi.

Dari empat tahapan tersebut, Operasi Gaktib dalam satuan yang dilaksanakan Denpom V/1 Madiun di Kodim 0803/Madiun adalah tahap sosialisasi, yang di dalamnya meliputi pengecekan kelengkapan kendaraan, kondisi kendaraan dan administrasi kendaraan.

Apabila dalam Operasi Gaktib dalam satuan ditemukan adanya kekurangan persayaratan kelengkapan kendaraan, satuan memerintahkan untuk melengkapinya, sehingga ketika dilaksanakan tahap Operasi berikutnya tidak ditemukan lagi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh prajurit dan PNS Kodim 0803/Madiun serta keluarganya.

Tujuan diadakan Operasi Gaktib adalah untuk menjamin keselamatan berkendaraan dan menekan angka pelanggaran hukum serta pelanggaran lalu lintas bagi prajurit dan PNS serta keluarganya yang selama ini dipandang masih mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. (Penrem 081).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here