Kades Sidoharjo Ancam Wartawan Dan LSM

0
1206

LAMSEL – Zonadinamika.com, Sidoharjo kecamatan Way Panji kabupaten Lampung Selatan, terkait pemberitaan pungutan pembelian lahan untuk pembangunan sekolah SMK dan defisit anggaran dana desa kepala desa Sidoharjo tak terima diberitakan karena pungutan itu sudah melalui musyawarah dan mufakat,, jadi tak ada kendala kenapa saudara beritakan ungkap Marajana dengan nada keras dan emosi.

Dirinyapun mengancam wartawan dan LSM “tak pateni koe saya ngak takut dengan wartawan dan LSM dan saya gak takut di penjara kalian bisanya ngemis minta kedesa-desa”.

Marjana mengungkapkan bahwa pemberita beberapa waktu yang lalu adalah tidak benar. “Kalian ini salah mas membuat berita ini semua sudah kami musyawarahkan jadi berita kalian ini salah ungkap Marjana dengan nada emosi”.

Senada yang disampaikan oleh ketua BPD Sidoharjo bahwa kalian salah membuat berita dan kalian salah mendefenisikan arti pungli itu tutur ketua BPD.
Lanjunya saat disinggung terkait angagaran desa Marjana dan ketua BPD mengaku sudah di pertanggung jawaban di forum desa melalui aparat desa Sidoharjo serta dipengajian – pengajian didesa Sidoharjo kecamatan Way Panji tutur nya.

Pertemaun yang dihadiri oleh camat Way Panji Is’ro dikediaman kepala desa hanya terdiam, saat kepala desa dan ketua BPD menyampaikan sanggahan terkait pemberitaan pungutan, pembelian lahan untuk pembangunan SMK, anggaran dana desa,dan dana desa. kalau pungutan itu berdasarkan musyawarah dan tidak menyalahi aturan . ungkap kades dan ketua BPD kepada LSM dan wartawan.

Camat Way Panji Is ‘ro mengungkapkan, bahwa dirinya hanya menerima laporan saja terkait anggaran dana desa dan dana desa itu rahasia rumah tangga (DESA) masing – masing. jadi saya hanya menampung serta mengawasi setiap kepala desa yang ada di kecamatan way panji ungkap camat .

Ditempat terpisah LSM GMBI WILTER LAMPUNG Ali.M.H mengaku sudah melayangkan surat konfirmasi kepada camat Way Panji beberapa waktu yang lalu, dengan nomor:055/LSM-GMBI/LPG/VI/2016 perihal konfirmasi laporan pertanggung jawaban tahun 2014 dan 2015 yang diduga defisit anggaran puluhan juta rupiah, dan belum ada tanggapan oleh camat way panji.

Menurut Ali selama ini masih banyak oknum kepala desa tidak terbuka dengan anggaran dana desa, mereka tidak patuh menjalankan undang undang no 14 tahun 2008 tentang keterbukaan infornasi publik ( KIP ) dan Undang Undang no 6 tahun 2014 tentang desa.

Ketidak patuhan itu bisa jadi karena sebagian kepala desa merasa dirinya tidak bisa diberhentikan dari jabatannya dengan alasan dipilih langsung oleh rakyat. Padahal berdasarkan undang undang no 6 tahun 2014 tentang desa ,seorang kepala desa bisa diberhentikan dengan tidak hormat.

Seperti tercantum dalam pasal 28 ayat (1),kepala desa yang tidak melaksanakan kewajiban sebagaimana dimaksud dalam pasal 26 ayat (4) dan pasal 27 dikenai sanksi administratif berupa teguran lisan dan/atau teguran tertulis.

Kemudian ayat (2),dalam hal sanksi administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak dilaksanakan,dilakukan tindakan pemberhentian sementara dan dapat dilanjutkan dengan pemberhentian.

Lanjut Ali guna mendorong keterbukaan informasi dan menjamin masyarakat desa mendapatkan haknya mendapatkan akses informasi terkait dana desa, pada senin,16 mei 2016 dijakarta,kementrian desa,Pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi ( kemendes PDTT ) dan komisi informasi pusat ( KIP ) telah menandatangani nota kesepahaman kerjasama antara sekertaris jendral kementrian desa, pembangunan daerah tertinggal,dan Transmigrasi Anwar Sanusi dan ketua KIP diwakili Abdul Hamid dipopramono disaksikan langsung Marwan Jafarselaku selaku mantri desa dan komisi informasi provinsi,kabupaten/kota se Indonesia.

MoU itu mendorong lebih luasKeterbukaan Informasi di desa .sehingga meningkatkan pengetahuan masyarakat desa dan memicu daya kritis yang padaakhirnya mendorong partipasi Pembangunan .Apalagi dalam Undang Undang desa azas keterbukaan tertuang disejumlah pasal 27 dan 82 .Azas keterbukaan tersebut memberikan hak kepada masyarakat untuk memperoleh informasi yang benar. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here