Ketua DPP HIMNI Melantik Ketuan Dpd Provinsi Riau Dan Dpc Se Provinsi Riau

0
762

PEKAN BARU –Zonadinamika.com – Acara yang sangat di tunggu- tunggu oleh masyarakat nias yang berdomisili di provinsi Riau setiap empat tahun sekali yaitu Musyawarah Daerah II ( Musda ) sekaligus pemilihan ketua,pelatikan ketua terpilih DPD,Dan pelatika Dewa perwakilan Cabang HIMNI Se Provinsi Riau di mana acara terseut di hadiri oleh Ketua Umum (Ketum) DPP HIMNI Marinus Gea, SE. S.Ak, serta Rombongan selain Ketua Umum (Ketum) DPP HIMNI (Himpunan Masyarakat Nias Indonesia) dari pusat, pada MUSDA ini juga turut hadir Sekjend. DPP HIMNI Pdt. Otoli Zabua, S.Th. dan Benny Advis Daeli, SE.

Pembukaan Acara MUSDA ke-II DPD HIMNI Riau berlangsung di Hotel Ameera, Jl. Ahmad Yani, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Sabtu (11/6/2016). Selain membuka, juga melantik pengurus DPD Himni Riau terpilih serta 5 lima DPC HIMNI Kabupaten/Kota di Riau.

“Ada dua program prioritas Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) yakni mendorong terbentukan Kepulauan Nias menjadi Provinsi dan Destinasi Pariwisata Nias Pulau Impian. Apakah Bapak/Ibu setuju,,?,” tanya Marinus mengawali sambutannya disambut riuh seisi ruangan. Setuju,!!! jawab undangan dengan serentak.
Marinus Gea yang juga anggota DPR RI Komisi I dari Partai PDI-Perjuangan ini, menurutnya untuk membangun nias tidak bisa hanya sendiri-sendiri.

“Untuk mewujudkan kedua program diatas sulit jika hanya satu-dua orang. Namun, dibutuhkan dukungan semua pihak,” kata Marinus Gea seraya mengakatan, program yang dilakukan HIMNI baru-baru ini di kementerian pariwisata sebagai bagian langkah awal atas kedua program diatas, dan tentu tidak cukup sampai disitu.
Terkait soal MUSDA II HIMNI Riau, Marinus Gea kepada masyarakat riau asal kepulauan nias mengharapkan untuk terus meningkatkan persatuan dan kesatuan.

“Pada hari ini, akan ada pemilihan pengurus baru nantinya. Untuk itu saya atas nama pribadi juga sebagai ketua Umum DPP HIMNI mengharapkan untuk tetap menjaga dan menghargai hasil musyawarah dan mufakat, dan tetap mendukung program pengurus terpilih untuk kemajuan bersama,” pinta Marinus Gea seraya bersama pengurus inti, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh nias riau, memukul Gong 5 (lima) kali, pertanda MUSDA II HIMNI Riau 2016 resmi dimulai.

**SIDANG-SIDANG**

Memasuki sidang pertama di pimpin ketua DPD Drs. Sozifao Hia, M.Si serta dua anggota, untuk memilih Pimpinan Sidang Definitif. Atas musyawarah peserta hadirin MUSDA dan untuk memenuhi keterwakilan unsur pengurus, akhirnya terpilih Benny Advis Daeli, SE. (Bendum HIMNI) sebagai ketua pimpinan sidang, dan dua anggotanya yakni Otoni Zendrato mewakil DPD dan DPC Dumai keterwakilan DPC.

**Laporan Pertanggungjawaban dan Demisioner**

Ketua DPD HIMNI Riau, Drs. Sozifao, Hia, M.SI dihadapan majelis sidang dan peserta MUSDA II, menyampaikan laporan pertanggungjawaban. Didalam laporannya Sozifao Hia menyampaikan berbagai program kerja yang telah dicapai DPD HIMNI Riau selama 4 tahun silam, dan sekaligus menyampaikan harapannya beberapa program yang belum sempat dilaksanakan dan untuk dilanjutkan oleh pengurus berikutnya nantinya.

Setelah menyerahkan laporan pertanggunghjawabannya, pimpinan sidang meminta persetujuan dari peserta MUSDA II, dan setelah dibahas beberapa hal, akhirnya atas musyawarah peserta, pimpinan sidang menerima laporan Pertanggungjawaban ketua DPD HIMNI Riau sekaligus menyatakan ketua dan seluruh pengurus DPD HIMNI Riau sebelumnya dinyatakan DEMISIONER, pimpinan sidang seraya mengetok palu 3 (tiga) kali.

Memasuki pemilihan ketua, atas kesepakatan MUSDA dan disahkan pimpinan sidang definitif disepakati pemilik hak suara memiliki 10 suara, terdiri 8 DPC, 1 DPD dan 1 DPP.

Ada dua sesi yang disepakati terkait pemilihan ketua ini. Pertama, mengusung calon ketua, dan kedua pemilihan ketua, dengan syarat jika hanya satu calon yang diusung, maka akan terpilih secara aklamasi. Namun, jika lebih dari satu setelah memenuhi minimal 4 suara mendukung, maka akan dilakukan pemilihan secara tertutup. Apakah setuju,!!! tanya pimpinan sidang. Setuju,,!! jawab peserta serentak.

Selanjutnya, ke 10 (sepuluh) pemilik suara tadi, memberikan hak suara melalui kertas yang disediakan panitia (menuliskan nama calon) selanjutnya diserahkan kedepan yang nantinya sekaligus dibacakan oleh pimpinan sidang. Namun akhirnya kesepuluh hak suara melalui kertas suara yang dibacakan pimpinan sidang, hanya satu yang tercatat nama yaitu bernama Drs. Sozifao Hia, M.SI, jika melihat nama tersebut, ternyata ketua demisioner tadi, artinya terpilih kembali.

Mengingat calon yang diusung hanya 1 (satu) orang (tunggal), dan sesuai Tatib (Tata Tertib) yang disepakati sebelumnya, akhirnya secara aklamasi pimpinan sidang menetapkan saudara Drs. Sozifao Hia, M.SI sebagai ketua DPD HIMNI Riau periode 2016-2020, sekaligus menjadi Ketua Tim Formatur untuk kelengkapan pengurus DPD HIMNI Riau.

Untuk memberikan waktu kepada ketua terpilih (Ketua Formatur), sidang diskor 30 menit, untuk masuk pada sesi berikutnya yakni selain menetapkan pengurus DPD HIMNI Riau periode 2016-2020, juga sekaligus melantik pengurus DPD terpilih serta 5 (lima) DPC lainnya di Kabupaten/Kota di Riau.
1 DPD dan 5 DPC Dilantik Ketua Umum HIMNI

Ketua Umum (Ketum) DPP HIMNI Marinus Gea, SE. S.Ak, melantik pengurus DPD HIMNI Riau periode 2016-2020, setelah menyaksikan ikrar janji pengurus, Marinus Gea, SE. S.Ak menyerahkan bendera pusaka HIMNI diterima ketua Drs. Sozifao Hia, M.Si. pengurus yang beranggotakan puluhan orang ini, Sekretarisnya oleh Jeremias Duha, S.Kom. M.Kom dan Bendahara Ir. Karealitas Zagoto.

Usai melantik pengurus DPD HIMNI, Ketua Umum (Ketum) DPP HIMNI Marinus Gea, SE. S.Ak juga melantik 5 DPC Kabupaten/Kota yakni : DPC Kota Pekanbaru, DPC Pelalawan, DPC Siak, DPC Rohil dan DPC Dumai.

Selain dua acara disesi akhir ini, panitia kepada beberapa pihak memberi kesempatan menyampaikan sumbutan, salah satunya S. Waruwu, SH. MH, dalam sambutannya memberikan apresiasi baik apa yang dilakukan HIMNI di Provinsi Riau selama ini. “HIMNI Riau tidak asing lagi bagi saya dan terlebih-lebih bagi masyarakat riau khususnya dari kepulauan Nias. Selamat kepada pengurus baru. Ini kan ketua demisioner dan terpilih kembali. Itu pertanda warga nias diriau begitu sayang sama pak Drs. Sozifao Hia, M.Si,” puji S. Waruwu, disambut tawa hadirin undangan.

Pujian S. Waruwu bukan tidak beralasan, keberadaan HIMNI Riau menurutnya cukup memberika arti positif bagi warga nias di riau. “HIMNI di Riau cukup aktif, baik di iven nasional, sosial, agama dan juga kepemudaan,” katanya sambil mengingatkan kepada seluruh warga nias di riau untuk bersatu-padu meski berbeda organisasi.
Pihaknya juga menyinggung organsiasi nias lainnya yang ada diriau yang menurutnya selalu berbarengan bersama HIMNI dalam setiap kegiatan.

“Di Riau ada organisasi kesukuan kita nias yakni IKNR (Ikatan Keluarga Nias Riau) yang sejajar dengan organisasi suku lainnya di riau seperti IKBR, IKJR, IKMR dan lain sebagaimnya. HIMNI dan IKNR kerjasamanya cukup baik selama ini dan harapan kita terus ditingkatkan dimasa yang akan datang, sambung S. Wuruwu lagi.
“Apapun oraganisasinya, saya mengajak kita semua, mari kita sama-sama membangun Orang Nias (Ono Niha) ba riau. Bukan justru saling menjatuhkan,” pesan S. Waruwu berapi-api.

Ketua DPD PDI-Perjuangan Riau Kordias Pasaribu yang turut hadir pada acara ini, dalam sambutannya memberi semangat bagi warga nias untuk segera menyatukan presepsi guna mewujudkan visi-misi sebuah organisasi itu sendiri. “Apa lagi, Buk Soniwati Wau di DPRD Riau, Pak Marinus Gea di DPR RI dan Pak Yasonna Laoly di Menteri. Selama 70 tahun baru ini orang kita nias di Menteri lo,!?” tegas Kordias disambut tepuk tangan hadirin undangan.

Kordias Pasaribu, tidak lupa juga mengingatkan bahwa dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung agar warga nias yang ada di riau tetap menjaga kerukunan antar sesama. “Mari sama-sama menjaga hubungan antar sesama, khususnya saudara-saudara kita yang saat ini menjalankan ibadah puasa.

Percayalah, jika kebaikan kita taburkan, siapapun pasti sayang sama kita,” pesan Kordias Pasaribu yang juga anggota DPRD Provinsi Riau ini seraya mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru dilantik, dan tentu komunikasi kita kedepan jangan putus, pesan beliau dihadapan hadirin undangan yang mencapai 500 lebih orang itu.

Pada acara ini juga selain nama-nama diatas, juga turut hadir seperti Ketua Umum DPP IKNR Sefianus Zai, Ibu Soniwati Wau (anggota DPRD Riau), Ir. Hinsatopa Marpaung, Penasehat HIMNI Ama Libertin Zendrato, Ketua ONUR Alimasa Gea, S.Ag. M.Ag. Kodim Pekanbaru, Polda Riau, Gubernur Riau mewakili, Polres Pekanbaru dan sejumlah kalangan pengusahan nasional dan riau.

Acara Musdah II ini ditutup dengan Doa, serta diakhiri dengan hiburan bersama artis Nias Riau, Nuryani Ndruru,dan antraksi kebudayaan nias yg turun diwariskan oleh nenek moyang suku nias,( Aroy hal)