Pemerintah Masa Bodoh, 20 Rumah di Karawang Dihantam Gelombang Laut.

0
790

KARAWANG,Zonadinamika.com. Derita puluhan warga yang bermukim di dibibir pantai, berangsur-angsur tenggelam dan hancur di porak poranda akibat ganasnya terjangan ombak laut.

Gelombang tinggi disertai angin kencang melanda laut utara Jawa di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat sejak beberapa hari terakhir. Tingginya gelombang mulai mengancam pemukiman warga berada di bibir pantai.

Lihat saja bagaimana kondisi rumah para warga di Dusun Pisangan, Desa Cemara Jaya, Karawang. Tercatat sedikitnya 20 rumah milik warga di daerah ini dilaporkan hancur akibat sapuan gelombang. Sedangkan beberapa rumah warga lainnya mengalami kerusakan, serta ruas jalan yang hancur berantakan.

“Selain rumah akses jalan desa juga terus tergerus, padahal ini jalan satu satunya,” kata Suganda, salah seorang warga, Rabu (8/6).

Suganda lebih jauh menambahkan, dampak dari tingginya gelombang juga menimbulkan abrasi hingga perkampungan mereka terancam terisolir.

“Antisipasinya ya warga di sini cuma bikin penahan air dari karung berisi pasir dan batu, agar tak masuk ke rumah,” ujar Suganda.

Di akui, sejauh ini, belum ada upaya dari pemerintah daerah Kabupaten Karawang terkait musibah dialami warganya. Bahkan Pemda Karawang terkesan cuek meski telah berulang kali mendapat laporan.

“Enggak ada, enggak ada upaya apapun dari Pemerintah Karawang mah. Kalau laporan sudah berulang kali. Ya datang ke sini Bupatinya kalau sedang kampanye saja, sudah jadi mah enggak pernah,” pungkas Suganda. (zd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here