Jakarta Utara Terancam Tenggelam

0
520

JAKARTA,Zonadinamika.com. Di tengah polemik reklamasi Teluk Jakarta, isu Jakarta Utara akan tenggelam kembali mencuat. Hal itu diungkapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai rapat bersama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, dan sejumlah Gubernur juga Menko Maritim, Rizal Ramli.

Presiden Jokowi menyebut, diperkirakan Jakarta Utara akan tenggelam di tahun 2030, lebih kurang sekitar 14 tahun lagi. Salah satu sebab utamanya, permukaan tanah di wilayah pesisir terus mengalami penurun sekitar 7-12 sentimeter dari permukaan laut.

Jika terus dibiarkan, kata Jokowi, 13 sungai yang melewati Jakarta tidak bisa mengalirkan airnya ke Teluk Jakarta.

“Oleh sebab itu, pembangunan pesisir ibu kota negara atau NCICD (National Capital Integrated Coastal Development) yang sudah digagas cukup lama ini, akan menjadi sebuah jawaban untuk Jakarta. Jadi jangan dipersempit yang berkaitan dengan reklamasi Jakarta,” ujarnya.

Warning Presiden Jokowi ditanggapi Ahok, sapaan Basuki. Sebab, terkait penurunan muka tanah di Jakarta masih debatable.

“Karena ada teori yang mengatakan dia akan turun tapi akan berhenti pada batas tertentu. Jadi sekarang memang turun 10 sentimeter sampai 20 sentimeter ada teori yang mengatakan mungkin dia sampai satu meter kemudian dia akan berhenti,” terang Ahok.

Lalu benarkah secara akademis wilayah Jakarta Utara akan hilang 14 tahun lagi karena terbenam air? (net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here