Banyak TKA di PT.Dean Shoes KITAS-nya Mati Tapi Tetap Kerja

0
1175

Karawang,Zonadinamika.com. Sorotan sejumlah pihak terkait keberadaan Tenaga Kerja Asing (TKA) yang bekerja di PT.Dean Shoes yang diduga bermasalah semakin terungkap, Selain tidak singkronya akan jumlah TKA yang di laporkan oleh pihak managemen PT.Dean Shoes ke pihak pemerintah.

Dari hasil penyelusuran tiem Zonadinamika.com, baik dari lingkungan desa Mekarjaya dan Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Kab Karawang, terungkap kejanggalan akan keberadaan TKA asal RRC yang bekerja di perusahaan yang memproduksi sepatu tersebut.

Data terkini yang didapatkan redaksi zonadinamika.com tertanggal 26 Februari 2016, 45 TKA asal RRC yang memiliki KITAS, hingga per Maret 2016 ada 12 TKA yang dinyatakan KITASnya sudah tidak berlaku.

Salah satu TKA pemilik KITAS 2C21AJ0021-P masa berlaku hanya sampai 10-02-2016 namun sumber mengatakan hingga saat ini KITAS TKA tersebut belum di perpanjang, namun masih tetap bekerja di perusahaan PMA tersebut.

Mr James Hseih, GM PT. DEAN SHOES, sebuah perusahaan PMA yang bergerak dalam bidang industri sepatu, berdomisili di Karawang – Jawa Barat menyangkal bahwa pihaknya masih mempekerjakan TKA yang Kitasnya sudah mati. “Informasi tersebut tidak benar,seluruh TKA di Dean Shoes sesuai dengan UU Ketenagakerjaan dan kemigrasian Indonesia, jangan percaya pada issue issue dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab” Jawab Mr. Via pesan singkat 01/03 kemarin.

Ketika di perjelas berdasarkan dokumen data TKA yang KITASnya sudah habis masa berlakunya yang didkirm via WhapsApp, Mr. James akhrinya putar haluan dengan mengalihkan pada anak buahnya, “nanti akan di jawab oleh bu Lilis”, jawabnya singkat.

Sementara itu, Lilis yang awalnya juga tidak mengakui bahwa sejumlah TKA di PT. Dean Shoes banyak pemiik KITAS yang sudah tidak berlaku namun masih tetap kerja, Ibu yang terlihat ramah pada lawan bicaranya ini, akhirnya menjelaskan, bahwa ada 6 orang yang sedang diproses Kitasnya,4 orang Resign/Epo,1.
Ketika di tanya nama ke 4 TKA yang sudah Epo ? Lilis langsung tidak menjawab.

Kepala kantor Imigrasi Karawang, J.Fanny Satricahnya.A,SH.MH melalui Endi bagian humas, kepada Zonadinamika.com mengatakan, berdasarkan data yang ada akan segerah di tindak lanjuti.

“Berdasarkan data yang bapak sampaikan, kami akan segerah tindaklajuti” tegas Endi. (tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here