Bahaya Longsor Mengintai Bantaran Sungai Tabalong

0
625

longsorTANJUNG, Zonadimika.com, Memasuki musim pancaroba dengan situasi cuaca yang tidak menentu sehingga membuat sebagi­an warga yang bermukim di bantaran Sungai Tabalo­ng, Kalimantan Selatan mulai resah.

Sebab tanah sekitar bantaran sungai sangat berpotensi longsor. “Ya, kami tidak menghen­daki adanya longsor. Ini cuma kekhawatiran kami saja,” kata Dian, warga yang tinggal di bantaran Sungai Tabalong, sabtu (2/5).

Dian mengatakan inten­sitas curah hujan yang sewaktu-waktu mengancam rumah penduduk yang tinggal di kawasan bantaran sungai patut jadi perhatian semua pihak.

“Saat ini kami merasa­kan keberadaan tanah di bantaran Sungai Tabalong perlahan-lahan terkikis oleh arus air. Kondisi ini diperparah resapan air di gunung sekitar sungai terus berkurang,” katanya.

Hal senada dikatakan Hairil. Warga Desa Gambah yang mengaku sudah puluhan tahun tinggal di kawasan bantaran Sungai Tabalong ini juga mengaku resah.

“Kami jujur saja, mulai dihinggapi kecemasan. Karena kondisi tanah sekitar sungai makin labil,” cetusnya.

Kata Hairil selama ini terkesan tidak ada pena­nganan dari pemerintah daerah dan dinas instansi teknis khususnya wilayah bantaran sungai. “Sebab perlahan tapi pasti tanah pinggir Sungai Tabalong mulai terkikis oleh derasnya arus air yang kini sudah mendekati permukiman
warga,” tandasnya. Untuk itu warga mengharapkan Pemkab tanggap dengan kondisi Sungai
Tabalong ini. (A)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here