Kepala BPTP Balitbangtan Sumut Hadiri Penanaman Perdana Di Padang Sidimpuan

0
64

Padang Sidimpuan-ZonadinamikaNews.com.Gerakan percepatan tanam merupakan salah satu program Kementerian Pertanian yang intensif dilaksanakan di berbagai wilayah Sumatera Utara, kali ini Kepala BPTP Balitbangtan Sumut bersama Walikota Padang Sidempuan, Bapak Irsan Efendi Nasution melakukan tanam perdana di Desa Simason Kecamatan Angkola Julu Kota Padang Sidempuan. Kegiatan ini merupakan demfarm dalam rangka mendukung program UPSUS seluas 2 ha.

Kepala BPTP Balitbangtan Sumut, Dr. Khadijah EL Ramija, SPi, MP mengatakan bahwa benih varietas unggul baru merupakan bagian penting dalam mendukung keberhasilan swasembada pangan. Walaupun Kota Padang Sidimpuan memiliki lahan baku yang tidak terlalu luas namun telah memiliki IP 3, petani telah bertanam 3 kali dalam setahun, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, BPTP Balitbangtan Sumut memberikan bahan diseminasi kepada Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura Kota Padang Sidimpuan, dan juga memberikan bantuan benih padi unggul varietas Inpari 32 dan Inpari 33 untuk demfarm upsus dengan luas 5-10 ha, diharapkan benih yang dihasilkan dapat digunakan kembali untuk musim tanam berikutnya.

Pantauan media, pada kegiatan tersebut turut hadir Walikota Padang Sidimpuan, Kepala BPTP Balibangtan Sumut, Kabid Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dandim 0212,Camat kecamatan Angkola Julu, Koramil Kota Padang Sidimpuan , Babinsa, Kepala Desa Simasom, PPL dan Kelompok Tani.

Walikota padang sidempuan Irsan Efendi Nasution, sangat menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan tanam perdana Desa Simason Kecamatan Angkola Julu. Kegiatan dimaksud merupakan proses pencapaian swasembada pangan yang menjadi nawacita pemerintah Kota Padang Sidimpuan.

Irsan juga menginstruksikan kepada Dinas Pertanian dan Babinsa untuk bekerjasama dan mengawal kegiatan ini sampai panen. Saat ini petani masih bisa memenuhi kebutuhan pangan di wilayah Kota Padang Sidimpuan. @soni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here