NTB-Zonadinamika.com.
Dengan senang hati dan penuh akrab Kapolda ntb irjen pol Drs.Achmad Juri,M.Hum bersama wakapolda dan para petinggi polda ntb menyambut kedatangan Kakanwil Kemenkumham ntb bersama rombongan di mapolda ntb Kamis (7/2) dilantai ll mapolda ntb.

Terlihat dengan jelas diwajah sang Jenderal berbintang dua ini penuh cerah ceria sembari berce rita dan bicara lepas deng an Kakanwil bersama rombongan.

Dengan mengawali pembi caraan kapolda ntb mem perkenal satu persatu peti nggi polda yang turut hadi r pada acara silaturrahmi tersebut.

Kapolda menyambut baik permohonan Kakanwil Kemenkumham ntb untuk bekerja sama dalam pemb inaan.

Kapolda ntb menyarankan kepada Kakanwil Kemen kumham ntb agar warga binaan diroling. Misalnya warga binaan dari matar am dipindahkan kelotim dan sebaliknya dari warga binaan lotim dikirim ke mataram misalnya sebu lan sekali katanya.

Tujuannya adalah agar warga binaan tersebut tidak sempat membuat rencana jahat.

Mengingat biaya cukup besar Kapolda sarankan, di awali dulu khusus di pul au lombok saja sebagai daerah percontohan dan Kapolda menyatakan kesiapannya membantu dalam segi pengamanan untuk melakukan penga walan warga binaan ter sebut hingga sampai tujuan.

Disela sela pertemuan bersejarah itu suasana menjadi hangat penuh kegembiraan karena diselingi dengan humor Kapolda menyindir orang yang kerap sebut togut disambut ketawa para pejabat yang hadir.

Pertemuan tersebut penuh keakraban dan ternyata waka polda ntb sekampung dengan Kakan wil Kemenkumham ntb.

Kapolda mengucapkan terima kasih kepada Kaka nwil bersama rombonga atas kunjungan tersebut dan diakhiri dengan foto bersama.

Ditempat sama Kepala Kantor Wilayah Kemente rian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Barat (ntb) Drs. Andi Dahrif Hafied. M.Si. memperenalkan satu persatu rombongan pejabat teras kemenkum ham ntb yang turut hadir mendapingi Kakanwil.

Kakanwil menyatakan akan kembangkan semua pelayanan publik yang ada di UPT Kemasyarakatan di Rutan Lapas,dan Imigrasi dengan memprioritaskan ramah HAM.

Putra Indonesia kelahiran Bone Sulawesi Selatan ini menjelaskan,Rumah HAM ini di maksudkan misalnya untuk penyandang cacat.

Karena tidak tertutup kem ungkinan warga binaan yang ada di lapas itu yang mungkin dikunjungi sama keluarganya dengan anak -anaknya maka akan disia pkan ruangan bermain kat a mantan Kepala Devisi Kemenkumham Provinsi Papua ini.

Demikian pula di Imigrasi mungkin saja ada penyan dang cacat atau para mere ka yang berkentingan de ngan Imigrasi membawa anak anaknya perlu pula disiap tempatnya bermain kata Kakanwil ntb yang santun ini.

Selain itu warga binaan yang ada di UPT rumah tahanan (rutan) lembaga pemasyarakatan (Lapas) binaan Kemenkumham ntb banyak kegiatan- kegiatan kreatif disana.

Misalnya pertukangan, membuat lemari, meja, kursi.
.
Selain itu lanjut mantan Kakanwil Provinsi Ambon ini bahwa ada pula kegiat an pertanian, peternakan, tempat mencuci mobil/motor, tukang tempel ban motor, bahkan mahir mem buat bakso, dan lain lain.

Warga binaan itu dilatih hingga mahir dengan har apan jika mereka keluar selesai masa hukuman nya,mereka dapat hidup mandiri ditengah masyara kat.

Masih menurut putra Indonesia yang berwajah ganteng ini, Dirutan lapas warga binaan ada lapang an olah raga.

Misalnya bulu tangkis, volly, tennis meja dll.

Warga binaan yang ada di rutan lapas dapat pula melaksanakan ibadah sesuai agama mereka bisa Sholat berjamaah dan ada Mushollahnya.

Shoalat jumat maupun shoalat hari raya tetap dap at warga binaan melaksa nakannya.

Demikian pula bagi warga binaan yang hendak ber puasa sangat boleh.

Jika ada yang melarang shoalat kasitau saya kata mantan Kakanwil sulawesi barat ini kepada wartawan dan selama ini tidak pern ah ada larangan malah didatangkan tokoh tokoh agama dari luar yang memberi cerah siraman rohani kata Kadiv pemasy arakatan Kemenkumham ntb ini.

Dipastikan tidak ada larangan bagi mereka yang mau menyembah Tuhan ungkapnya.(taqwa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here