Semua DPC Parpol Paniai Buka Pendaftaran di Jayapura, 1 Kandidat Dipertanyakan

0
386

 

ENAROTALI – Zonadinamika.com.Hampir semua Dewan Pimpinan Cabang Partai Politik (DPC Parpol)  yang ada di Kabupaten Paniai tak ikuti mekanisme perundang-undangan.  Pasalnya, sejak dibukanya pendaftaran bagi para bakal calon bupati Paniai tidak pernah dilakukan di Enarotali namun dibukanya di Jayapura, ibukota Provinsi Papua.

Hal ini tentu menjadi perbincangan hangat selama ini diantara banyak kalangan. Bahkan, situasi ini tal ada pihak tertentu yang mengoreksi para pimpinan Parpol ini.

Salah satu Calon Kandidat Bupati Paniai,  John Nicolas Pigome mengaku kecewa atas kinerja pimpinan Parpol itu. “Walaupun telah membuka pendaftaran bagi bacabup, namun pengurus Parpol malah menjaringnya di luar dari Paniai ketimbang menerima cabup di masing-masing kantor atau secretariat parpol. Sehingga, hal itu menjadi kecewa bagi kami yang hendak mengambil formulir pendaftaran,” tegas John Nicolas Pigome kealpada media ini di Paniai, Senin, (19/06).

Ia mengatakan, apabila buka pendaftaran di Jayapura ibaratnya ada yang mau calon Gubernur Papua. Padahal ini untuk kabupaten Paniai.

“Jangan ambil formulir dan daftar di Jayapura, ibukota  Provinsi Papua. Itu ranahnya calon seorang gubenur. Kalau calon Bupati itu di masing-maisng Kabupaten. Pimpinan partai politik di Paniai harus pahami aturan dengan baik. Saya juga seorang kandidat bupati Paniai. Tapi, kantor Partai Politik tidak dibuka. Hanya informasi di media massa atau baliho bahwa ada buka pendaftaran, padahal di Paniai tidak dibuka. Ini benar-benar lawan hokum, kami kecewa,” tegas John.

Ia mengatakan, Nabire dan Jayapura bukan ibukota Kabupaten Paniai sehingga diminta agar semua pimpinan Parpol kembali ke daerah dan buka pendaftaran secara baik. “Kalah dan menang bukan ukuran, tapi sebagai seorang calon pemimpin daerah kita harus ikuti aturan yang baik,” katanya.

“Kemarin itu saya agak marah (sedikit), kami dari Paniai daftar di Partai Golkar sedikit tapi tiba-tiba naik sampai sembilan. Ini main aturan apa? Tidak boleh begitu. Siapapun dia yang mau calon dari partai politik musti kita ikuti tahapan,” ujarnya.

“Saya juga salah satu calon kandidat Bupati Paniai. Coba, pimpinan parpol tegakan aturan yang benar-benar. Jangan main-main aturan. Ikut prosedur yang sebenarnya,” lanjutnya.  (Yamoye’AB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here