IMASEPA JABAR Meminta Gubernur Papua Barat Prioritaskan Pembangunan Pendidikan

0
434

BANDUNG-Zonadinamika.com. Usai pelantikan Dominggus Mandacan – Mohamad Lakotani sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur provinsi Papua Barat oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo di Istana Negara Cikeas, Bogor. Sekretaris Jenderal Ikatan Mahasiswa Se-Tanah Papua Jawa Barat Leonardus O. Magai meminta pemerintah daerah provinsi Papua Barat dapat mengutamakan Pembangunan Manusia Papua Barat. Jumat, (12/5/2017) tadi sore.

Lanjut Dia, Pembangunan Manusia Papua Barat harus diprioritaskan karena Leonardus O. Magai meyakini bahwa apabila Manusia siap pakai (Man of Power) tercapai maka pembangunan di sektor lain dapat dibangun dan diberdayakan secara efektif dan efisien. “katanya.

Ia menilai selama ini, Pemerintah provinsi Papua Barat selama enam tahun terakhir lebih banyak bergerak di sektor infrastruktur maka dampaknya pembangunan manusia kurang signifikan berdasarkan data Badan Pusat Statistik pusat IPM provinsi Papua Barat tahun 2016 62.21% dibawah provinsi Sulawesi Barat. “ucapnya.

Lebih lanjut, Leonardus O. Magai mengatakan bahwa dari empat Indikator Indeks Pembangunan Manusia provinsi Papua Barat hanya lebih menekankan pada Angka Melek Huruf dan Lama Sekolah karena melihat kasus pendidikan yang terjadi yakni ditemukan bahwa telah ditemukan anak pelajar ADEM tidak bisa membaca dan menulis dikirim ke Jawa Barat selain itu hampir semua mahasiswa Papua Barat menyelesaikan perkuliahannya tersendat terkait biaya kuliah. “bebernya.

Selanjutnya, Ia menyampaikan bahwa kasus seperti ini menjadi sebuah PR besar bagi Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Barat yang telah dilantik oleh Bapak Presiden Jokowi sehingga kedepan dapat ditanggulanginya karena pemerintah yang baik pasti mengutamakan Pembangunan Manusianya dari pada Pembangunan infrastrukturnya. “ungkapnya.

Ia menghimbau kepada pemerintah provinsi Papua Barat terutama kepada Gubernur dan Wakil Gubernur yang telah dilantik agar segera melihat kondisi Pendidikan dengan HATI serta memberikan Jabatan SKPD terkait pendidikan diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai keahlian pendidikan bukan dari kepentingan politik atau jabatan politik walaupun dalam pemberian Jabatan mempunyai hak prerogative Gubernur. “imbuhnya.

Sekjen IMASEPA JABAR Leonardus O. Magai mengharapkan agar kedepan dapat mengutamakan pilar pendidikan sehingga kasus-kasus pendidikan di provinsi Papua Barat diminimalisir dengan kepemimpinan baru. “harapnya.

Akhir kata, saya Leonardus O. Magai selaku Sekjen IMASEPA JABAR mewakili seluruh Keluarga, Mahasiswa, dan Pelajar Papua dan Papua Barat yang mendiami di wilayah Jawa Barat yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Se-Tanah Papua Jawa Barat menyampaikan selamat berkarya dan melayani masyarakat provinsi Papua Barat secara konfrehensif s’moga kepemimpinannya dapat membawa perubahan yang sangat berarti bagi banyak orang. “tutupnya. (Barnabas Subagio)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here