Polres Blora Melaksanakan Penandatanganan Pakta Intregitas Penerimaan Polri T.A 2017

0
312

BLORA – Zonadinamika.com.  Kepolisian Resor Blora melaksanakan penandatanganan pakta integritas penerimaan calon Taruna Akpol, Brigadir dan Tamtama Tahun Anggaran 2017, Kepada calon siswa yang memenuhi syarat lulus Rikmin awal tingkat Pabanrim Polres Blora berjumlah 272 peserta pada 17/4 .

Jumlah pendaftar Taruna Akpol orang terdiri dari pria 6 orang dan wanita 1 orang. Untuk jumlah pendaftar Brigadir terdiri dari pria 166 orang dan wanita 24 orang, Sedang Jumlah pendaftar Tamtama sebanyak 42 orang. Penandatanganan Pakta Integritas dilaksanakan bertempat di Aula Aryyaguna Mapolres Blora pagi tadi.

Setelah melaksanakan penandatanganan pakta integritas, Kapolres Blora AKBP. Surisman SIK,M.H. yang sekaligus selaku Ketua Pabanrim Polres Blora membacakan sambutan dari Kapolda Jawa Jateng, Inspektur Jendral Polisi, Drs. Condro Kirono.

Dalam sambutanya Kapolda Jawa Jateng mengatakan, maksud diadakan penandatanganan tersebut adalah sebagai sarana kontrol, pengendalian dan pengawasan melekat dalam setiap proses penerimaan calon anggota Polri T.A 2017, sehingga akan dihasilkan anggota Polri dari Polda Jateng yang terbaik. Baik dari aspek jasmani dan rohani maupun aspek mental dan intelektual.

Selain itu, upaya ini juga merupakan langkah strategis penataan dan pembinaan personel Polri sejak awal menjadi anggota, sehingga secara bertahap diharapkan akan terwujudnya insan Polri masa depan yang profesional.

Sebagaimana dimaklumi bersama, bahwa Polri senantiasa berupaya untuk melakukan perubahan MIND SET DAN CULTURE SET Polri dalam rangka mewujudkan institusi Polri yang bersih (Clean Government) dan tata kelola organisasi yang baik (Governance), sesuai dengan harapan dan dambaan masyarakat.

Salah satu agenda perubahan yang dilaksanakan oleh Polri, diantaranya dengan menerapkan proses rekrutmen anggota Polri dengan prinsip (BETAH), Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis.

Berbagai aturan dalam rekrutmen ini telah disusun oleh panitia pusat, diantaranya bahwa dalam setiap tahapan seleksi tidak dipungut biaya (Gratis). Namun banyak desas-desus atau rumor di masyarakat bahwa jika ingin lulus menjadi anggota Polri, maka harus menyediakan sejumlah uang yang jumlahnya terkadang mencapai ratusan juta rupiah.

Tentunya hal tersebut tidaklah benar, karena dalam proses penerimaan anggota Polri ini menggunakan dana APBN serta apabila calon anggota Polri telah memenuhi standar kelulusan, maka Insya Allah akan lulus menjadi anggota Polri tanpa harus membayar kepada oknum panitia atau pun perantara yang menawarkan jasa bisa membantu kelulusan.

Yang utama bagi para calon Anggota Polri adalah belajar, berlatih dan berdoa. Jika ini terpenuhi maka Insya Allah akan lulus dalam proses seleksi calon anggota Polisi ini. Tentunya juga Polda Jateng berkomitmen dan berupaya seoptimal mungkin, bahwa dalam setiap proses penerimaan anggota Polri dapat dilaksanakan sesuai anturan yang berlaku.

“Kepada panitia seleksi, saya mengucapkan selamat bertugas serta bagi para calon anggota Polri selamat melaksanakan seleksi. Saya yakin dan percaya bahwa kalian akan mengikuti proses seleksi ini dengan baik sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh panitia. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan bimbingan dan perlindunganya dalam setiap pelaksanaa tugas dan pengabdian kita kepada masyarakat, bangsa dan negara,” kata Kapolda Jateng yang dibacakan Kapolres Blora AKBP Surisman.

Sementara itu, Kapolres Blora, AKBP. Surisman. SIK. menambahkan, jangan sampai ada oknum yang memanfaatkan momentum yang baik tersebut. Yakinkan kepada para calon bahwa kelulusan sangat tergantung pada calon itu sendiri.

“Ini merupakan perjuangan dan doa, lakukan dengan semangat terlebih berlatih dalam mengahadapi tes nanti,” kata Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kapolres menegaskan, jika ada oknum anggota Polri yang memanfaatkan moment ini jangan segan-segan untuk melaporkan kepada dirinya.

“Jangan ada yang percaya apabila ada yang menjanjikan akan meluluskan baik itu dari Polisi atau pun dari pihak luar. Berjuanglah dengan baik dan selalu siap jadi anggota Polri. Siapkan mental dan fisik, mari kita berdoa demi kader-kader penerus Polri yang baik,” tutur AKBP Surisman.

Hadir pada kesempatan ini, Wakil Kajari Blora, Wakil Pengadilan Negeri, Pemda Blora, Dan DIM 0721 Blora, Wakil dari DPRD Blora, Wakapolres, para Pejabat Utama Polres Blora, panitia seleksi serta para pengawas internal dan ekternal, Dinas Pendidikan Kabupaten Blora, Wartawan dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).(Agung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here