KH Ma’ruf Amin : Tidak Ada Benturan Antara. Hukum Positif Dengan Fatwa MUI

0
363

JAKARTA-Zonadinamika.com. Relasi antara fatwa Majelis  Ulama Indonesia (MUI) dengan posisi hukum di Indonesia , Jelas tidak ada benturan dengan hukum positif dengan fatwa MUI.

 
Hal yang demikian ini di jelaskan Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin
“Lanjut KH Ma’ruf Amin Saya klarifikasi, tidak ada benturan antara hukum positif dengan fatwa MUI,” jelas Ma’ruf Amin dalam diskusi bertajuk ‘Fatwa MUI dan Hukum Positif’, di PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (17/1/2017).

 
Ma’ruf menjelaskan adanya fatwa ini bertujuan untuk menjawab setiap problem Umat Islam yang tidak tercantum dalam Al-Quran maupun Hadits. Menurutnya, MUI adalah representasi dari Umat Islam di Indonesia.

 
“Fatwa, menurut Ma’ruf mengikat secara syariah kepada seluruh Umat Islam di Indonesia.
“Namun demikian fatwa tidak bisa menjadi legitimasi orang sipil untuk mengeksekusi situasi. Ini karena posisi fatwa bukan sebagai hukum positif.

“Fatwa itu apabila dikeluarkan oleh lembaga kredibel dan mempunyai otoritas, itu syar’i, itu mengikat kepada setiap muslim. Di Indonesia Yang bisa dieksekusi itu kalau dijadikan hukum positif,” jelasnya.

 
Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Jenderal Polisi Tito Karnavian mempertanyakan soal apakah fatwa termasuk hukum positif, dan apa risikonya jika fatwa termasuk hukum positif.

 
“Kemudian, kalau ini adalah hukum positif apa risikonya? Kalau bukan hukum positif siapa yang harus menegakkannya? Siapa yang sosialisasi?” ujar Tito. (An)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here