KNPB Timika : Tuntut NKRI Cabut Trikora

0
330

TIMIKA– Zonadinamika.com. Ribuan Rakyat Papua Yang mengkordinir dari Komite Nasional Papua Barat (KNPB) PRD Wilayah Timika kembali berunjuk rasa. Demo kali ini menuntut negara kesatuan rebuplik indonesia mencabut Tri Komando Rakyat yang di kumandangkan oleh Ir.Soekarno untuk menjajah west papua.

Sejauh Pantauan Media ini aksi dimulai depan mata jalan dan masa melanjutkan ibadah singkat di depan kantor OPM Komite Nasional Papua Barat.

Di sepanjang perjalanan, Komite Nasional Papua Barat menyampaikan berbagai tuntutan terhadap pemerintah di antaranya keinginan melepaskan diri dari NKRI.

“Yang kami inginkan pemerintah Indonesia membuka ruang demokrasi untuk mengadakan referendum di Papua. Kami ingin menentukan nasib sendiri tanpa campur tangan pemerintah Indonesia ,”Ujar Ketua I KNPB Timika Yanto Awerkion.

Aksi kali ini dilakukan ini untuk menggugat maklumat Tri Komando Rakyat (Trikora) 19 Desember 1961 yang dikeluarkan pemerintah Indonesia dan mendukung penuh ULWP menjadi anggota penuh MSG.

Sekertaris KNPB Sem Ukago mengatakan Salah satu akar masalah konflik di Papua karena keluar maklumat Trikora 19 Desember 1961. Hari ini pula, tepat 50 tahun kami tertindas,” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, pelanggaran HAM dan penindasan terhadap rakyat Papua masih terjadi hingga saat ini. “Kami atas nama Rakyat West Papua dari Sorong sampai Merauke menyatakan dengan tegas menggugat maklumat Trikora yang mencederai kemanusiaan di Papua,” teriaknya.

Sem Ukago meminta, semua rakyat papua bersatu dan menjaga kekompakan.dalam waktu dekat kita akan mendengar hasil keputusan di vanuatu.

“Mari kita,bersatu berjuang untuk kemerdekaan papua barat.kita jangan jual ideologi kita kepada negara NKRI,” harapnya. (Martinus Pigome)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here