Walikota Jakarta Timur Pimpin Pembongkaran Makam Fiktif

0
477

JAKARTA-Zonadinamika.com. Hasil pantuan Zonadinamika.com Kembali lagi di temukan Lima makam fiktif di TPU Penggilingan cakung,Pulo Gadung Jaktim

Dengan temuan tersebut Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana lansung meminpin Pembongkaran , Selasa (9/8).

Hadir juga Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta Djafar Muchlisin.

” Kelima makam fiktif yang dibongkar tersebut merupakan hasil dari pemeriksaan yang dilakukan sebelumnya oleh pihak Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta. Ujar Muchlisin dengan jelas Dari hasil pemeriksaan,lima makam yang terindikasi fiktif di TPU tersebut langsung dibongkar.

“Di sela sela operasi pembongkaran Walikota jakarta Timur Bambang ” Untuk itu saya imbau untuk seluruh warga Jakarta Timur untuk lebih tertib sesuai aturan yang berlaku. Juga bagi warga kita yang masih memiliki makam fiktif kan sudah ada batas waktu yang ditetapkan segera saja diserahkan,ucapnya

Tambah Bambang (Walikota), pihaknya sangat mengapresiasi dalam pembongkaran

“Saya berharap yang sekarang masih memiliki surat dan bahkan belum menunjukan tempat makam yang fiktif tolonglah diserahkan kepada kita. Sebelum nantinya akan kita proses secara hukum,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertamanan dan Pemakaman Provinsi DKI Jakarta Djafar Muchlisin menegaskan, pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap makam yang terindikasi fiktif, dengan melihat kenyataan fisik di lapangan.

“Kita mau dalam waktu satu sampai dua bulan ke depan, penertiban serta pendataan terhadap makam fiktif dapat selesai dan langsung ditindak. Apabila data yang kita dapat tidak sama dengan di lapangan, kita langsung bongkar,” tegasnya.

Menurutnya, maraknya makam fiktif di seluruh TPU di Jakarta, tidak lepas dari peran masyarakat yang memesan tanah makam kepada petugas TPU. ”Informasi kita dapat dari masyarakat. Ini sudah jadi sistem yang menggurita dan meresahkan. Dimulai dari masyarakat yang pemesanan dilakukan oknum petugas yang ada di makam juga. Itu kita akan berikan sanksi,” tambahnya.

Djafar menjelaskan, pihaknya sudah membongkar 277 makam fiktif. Sementara yang sudah dipastikan makam palsu ada 345.

“Di DKI Jakarta ada 422 letak makam yang terindikasi fiktif. Dan kalau di TPU wilayah Jakarta Timur ada 34 makam . Baru di Pondok Ranggon dan Penggilingan saja,” tandasnya. (An)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here