Rakornas TPID di Jakarta, Pemkab Kapuas Prioritaskan Pembangunan Imfrstruktur

0
439

KUALA KAPUAS-Zonadinamika.com. Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT hadir bersama 455 Bupati/Walikota dan 34 Gubernur se Indonesia dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, Kamis (4/8) pagi di Jakarta.

Presiden Joko Widodo saat membuka langsung Rakornas memerintahkan kepada seluruh Gubernur dann Bupati/Walikota se Indonesia akan tiga hal yakni percepat daya serap anggaran dengan segera lakukan pelelangan dan pekerjaan sehingga mampu menggerakkan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini seraya menyebutkan angka-angka penyebab inflasi juga agar TPID secara rutin lakukan pengecekan stok barang agar tidak ada yang memainkan harga, serta upaya percepatan dan kelancaran distribusi barang.

Rakornas yang mengangkat tema “Memperkuat Sinkronisasi Kebijakan Pusat dan Daerah guna Mempercepat Infrastuktur dan Tata Niaga Pangan” juga dihadiri oleh 15 Menteri, Kapolri, dan Gubernur BI. Selain itu, Kabag Humaspro menuturkan” melalui telepon selulernya.

“Kegiatan selama dua hari ini telah diawali dialog interaktif antara Menko Bidang Perekonomian, Mendagri dan Gubernur BI dengan seluruh Gubernur pada malam sebelumnya (3/8) di Puri Agung Grand Sahid Jakarta.

Bank Indonesia juga menyerahkan penghargaan bagi TPID Provinsi dan Kabupaten/Kota yang mampu mengendalikan inflasi dengan baik dari Bank Indonesia dan mencatat inflasi sejak 2015 sebesar 3,35 persen sedangkan inflasi tahunan sampai dengan Juli 2016 tercatat sebesar 3,21 persen” ungkap Suwarno.

Di tempat yang sama Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Kepala Bappeda Yan Hendry Ale usai mengikuti rakornas memaparkan, bertekad agar pemerintahannya yang tersisa dua tahun ini mampu mengendalikan laju inflasi dengan berbagai program prorakyat.

“Pemerintah Kabupaten Kapuas tetap memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, termasuk jalan usaha tani dan pengairan karena dengan lancarnya transportasi selain membuka keterisolasian juga mempermudah masyarakat mengangkut hasil-hasil pertanian dan perikanan.

Saya juga meminta kepada seluruh jajaran yang tergabung dalam TPID Kabupaten Kapuas agar melakukan berbagai kajian menemukan formulasi yang tepat sasaran sesuai dengan topografi dan geografi Kabupaten Kapuas sebagai inovasi kebijakan agar usaha masyarakat dalam bidang infrastruktur, pertanian dan tanaman pangan, perikanan serta perdagangan sebagai faktor pengendali inflasi di Kabupaten Kapuas” tandasnya (Acc)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here