Kuala Kapuas Gelar Pasukan Pemgamanan Idul Ffitri 2016.

0
467

KUALA KAPUAS – Zonadinamika.com.Dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1437.H/2016.M, Polres Kapuas mengadakan apel gelar pasukan pengamanan yang dilaksanakan di halaman Polres Kapuas, Kamis (30/6 ) pagi.

Bentindak selaku Pembina Apel, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dengan diikuti oleh peserta upacara yang terdiri dari Ton Kodim 1011 Kapuas, Polres Kapuas, Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Kapuas, Pemadam Kebakaran, Satuan Pengamanan ( Satpam ) serta Pramuka.

Tampak hadir dalam apel tersebut Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan, Kapolres Kapuas AKBP Jukiman Situmorang SIK.M.Hum, Kajari Kapuas Subroto, Dandim 1011 Kapuas Letkol Inf.Anri Andriana, Tua Pengadilan Negeri Kapuas Unggul Tri Esthi Muljono SH.MH, para perwira Polres Kapuas, Kepala SKPD Kabupaten Kapuas, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta undangan.

Apel Gelar Pasukan Operasi Ramadniya Telabang 2016, mengambil tema “ Melalui apel gelar pasukan operasi Ramadniya telabang 2016, kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Idul Fitri 1437 H / 2016 M.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat membacakan amanat Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Jend Polisi Drs Badrodin Haiti, menyatakan bahwa apel gelar pasukan yang dilaksanakan serentak di seluruh Polda dan Polres, bertujuan untuk megecek kesiapan akhir personil beserta kelengkapanya, baik dari Polri maupun unsur terkait serta segenap potensi masyarakat.

Diharapkan melalui kegiatan yang telah dipersiapkan tersebut dapat dilaksanakan dengan baik dan bersinergi dengan seluruh stakeholders terkait agar situasi kamtibmas maupun kamseltibcar lantas yang kondusif dapat terwujud sehingga masyarakat dapat merayakan Idul Fitri dengan aman, nyaman, tertib dan penuh hikmad.
Disampaikan bahwa dalam operasi kemanusiaan tahun 2016 ini, kekuatan yang digelar sebanyak 158.402 orang terdiri dari Mabes Polri sebanyak 2.043 orang, Polda sebanyak 89.613 orang, instansi terkait 66.746 orang, tersebar pada 3.097 Pos pengamanan dan 1.112 Pos pelayanan.

Tempat-tempat yang menjadi perhatian pengamanan diantaranya tempat peribadatan, lokasi sholat Ied, pemkiman masyarakat, jalur pergerakan orang dan barang, tempat wisata, terminal, stasiun Kereta Api, Pelabuhan laut, Bandara, sentra perekonomian, tempat transaksi keuangan, rest area, SPBU dan tempat Jakat Firah.

Target-target yang ditetapkan dalam operasi Ramadniya 2016 yang ingin dicapai diantaranya terwujudnya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang merayakan Idul Fitri, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas, kelancaran distribusi bahan kebutuhan pokok dan BBM, keamanan dalam aktivitas embarkasi dan debarkasi, keselamatan penumpang dan barang, terbangunnya kesiapsiagaan tanggap darurat melalui koordinasi dan sinergitas serta termonitor dan terdatanya semua kejadian dengan tepat dan cepat.

Diakhir sambutannya Bupati menyampaikan beberapa hal yang perlu dipedomani oleh aparat dalam pelaksanaan operasi Ramadniya 2016, antara lain agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan diri maupun kesatuan dalam pelaksanaan tugas, menjaga kondisi fisik dan mental agar selalu prima, mempersiapkan peralatan, sarana dan prasarana, melaksanakan tugas dengan penuh ketulusan, keikhlasan serta semangat pengabdian terbaik melalui tampilan sikap yang humanis.

Dan yang tidak kalah penting menghindari sikap arogansi dan kesewenang-wenangan serta melakukan tindakan proaktif dan antisipatif dengan melibatkan semua fungsi Kepolisian dan stakeholders, serta mengedepankan kerja sama dan sinergitas yang harmonis dengan instansi terkait.

Sebagai tanda dimulainya kegiatan operasi gelar pasukan pengamanan hari raya Idul Fitri, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat didampingi Kapolres Kapuas serta unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah memasang pita kepada tiga orang perwakilan personil diantaranya dari Satlantas Polres Kapuas, Polisi Militer dan Dinas Perhubungan dan Informatika Kabupaten Kapuas, dan diakhir kegiatan juga disampaikan bingkisan untuk purnawirawan Polres Kapuas, ASN Polres Kapuas, Wartawan dan anggota Polres Kapuas yanag diserahkan oleh Bupati Kapuas dan Kapolres Kapuas.(angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here