Naskah Keputusan DPRD Diserahkan

0
493

KUALA KAPUAS – Zonadinamika.com. Rancangan Keputusan Dewan Tentang Catatan dan Rekomendasi Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Penyelenggaraan Pemerintahan Tahun Anggaran 2015 disepakati bersama antara pihak Eksekutif dan Legislatif dalam sidang paripurna yang digelar, Jumat (15/4) Pagi di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kapuas.

Pengesahan dan penandatangan ini dilakukan oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT, Ketua DPRD Kabupaten Kapuas Algrin Gasan dan Wakil Ketua DPRD Kapuas Indah Purwanti. Selanjutnya Naskah Keputusan DPRD tersebut di serahkan oleh Ketua DPRD Kapuas kepada Bupati Kapuas dan disaksikan oleh seluruh anggota DPRD Kabupaten Kapuas.

Acara persetujuan penandatanganan tersebut bertepatan dengan Rapat Paripurna Istimewa Masa Persidangan I Tahun Sidang 2016. Tampak pula Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, Ketua Pengadilan Negeri Kuala Kapuas, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Kapuas, Ketua Panwaslu Kabupaten Kapuas, Kepala Kantor Kementerian Agama, Asisten Setda Kapuas, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD/Badan/BUMN/BUMD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, LSM dan Pers.

Sebelum penandatanganan dan penyerahan naskah dibacakan terlebih dahulu oleh Ketua Pansus LKPJ Darwandie Laporan Hasil Kerja Pansus LKPJ tentang Penyelenggaraan Pemerintahan Tahun Anggaran 2015 DPRD Kabupaten Kapuas Terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Bupati Kapuas Tahun Anggaran 2015.

Didalam laporan tersebut ia memaparkan secara garus besar potret tentang Patron APBD Tahun Anggaran 2015 yaitu Pendapatan Daerah ditargetkan sebesar Rp 1.508.923.276.000,- dengan realisasi akhir sebesar Rp. 1.447.071.248.862, 66 atau 95,90 Persen yang secara prinsip bahwa target penerimaan pendapatan daerah tahun 2015 ini tidak tercapai, termasuk unsur utama dalam elemen pendapatan pemerintahan daerah yakni PAD yang ditargetkan Rp. 87.267.852.000 dapat terealisasi sebesar Rp. 89.107.922.832, 12 atau 102,11 Persen.

Darwandie mengungkapkan DPRD masih melihat adanya beberapa potensi daerah yang belum terkelola dengan baik dan maksimal. Sebagai upaya untuk pemerintahan PAD di masa yang akan datang maka ada beberapa rekomendasi yang disampaikan antara lain, terus upayakan peningkatan PAD melalui kinerja perangkat kerja daerah serta melalui pengelolaan dan pemberdayaan aset kekayaan daerah diantaranya Workshop Dinas PUD, Parkir Jalan Umum dan Fasilitas Milik Daerah lainnya.

“Menghidupkan kembali perusahaan daerah yang ada, serta memperbaiki manajemen pengelolaannya agar ke depan dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan PAD kita, diantaranya Perusahaan Panunjung Tarung, Perusahaan “DANUM” PDAM dan Pengelolaan Pasar Daerah,” jelasnya.

Selain itu, dalam penyelenggaraan urusan pemerintah daerah, ia mengatakan DPRD Kapuas perlu memberikan catatan dan rekomendasi dalam langkah perbaikan ke depan. Untuk itu, pihaknya menyoroti 6 SKPD terkait yaitu di Bidang PU (Pekerjaan Umum), urusan kesehatan (Dinas Kesehatan), urusan pendidikan (Dinas Pendidikan), urusan penataan ruangan (Dinas Perkebunan dan Kehutanan) dan urusan kepemudaan serta urusan keluarga berencana dan keluarga bahagia (Disporabudpar dan BPPKB).

Bupati Kapuas dalam sambutannya menyampaikan selaku Kepala Pemerintahan, ia sangat menghargai dan memaknai rekomendasi yang disampaikan sebagai wujud kepedulian dan kesungguhan dari segenap anggota DPRD Kabupaten Kapuas terhadap kinerja penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan. Karena itu segala saran, masukan atau kritikan yang tertuang dalam poin-poin catatan dari Tim Pansus LKPJ merupakan bahan yang sangat berharga yang akan ditindaklanjuti demi optimalisasi kinerja pemerintahan Kabupaten Kapuas.

Ia mengatakan, Pemerintah Daerah berkomitmen akan berupaya mengkaji dengan seksama poin demi poin catatan-catatan yang telah disampaikan oleh DPRD dalam rekomendasi untuk selanjutnya ditindaklanjuti sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Ben Brahim mengungkapkan, tanggapan terhadap kinerja pemerintah daerah yang menurut penilaian DPRD masih rendah, sangat perlu disikapi dengan arif dan bijaksana, sebab berbagai kendala yang dihadapi dalam penyelenggaraan pemerintahan tidak semuanya berasal dari kelemahan internal institusi dan jajaran pemerintah daerah tetapi banyak dipengaruhi faktor eksternal yang diluar jangkauan, kewenangan dan kemauan selaku pemerintah daerah serta adanya keterbatasan pendanaan.

“Terkait dengan itu, kami tetap akan berkomitmen untuk terus memperbaiki kinerja penyelenggaraan pemerintahan berdasarkan saran dan masukan yang telah tertuang di dalam rekomendasi yang disampaikan. Selaku pelaksana, kami akan tetap bertanggungjawab dan akan berupaya semaksimal mungkin melakukan perbaikan dan mengatasi berbagai kendala yang sifatnya internal,” katanya.

Diakhir sambutannya, ia mengajak semua pihak untuk bersama-sama melakukan pengawasan yang efektif terhadap penggunaan anggaran secara benar dan tepat dengan tujuan yang mau dicapai adalah optimalisasi pemanfaatan anggaran yang tersedia dengan baik, yang setiap nilai rupiah dimana selain harus jelas sasarannya, jelas pertanggungjawabannya, juga yang sangat penting harus jelas manfaatnya yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Kami selaku Bupati Kapuas bersama Wakil Bupati Kapuas beserta seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas sejak awal kepemimpinan kami bersama DPRD telah bertekad untuk memberi yang terbaik bagi kepentingan rakyat, dalam rangka mewujudkan Kabupaten Kapuas yang lebih maju, sejahtera dan mandiri,” tegasnya. (angga)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here