Reza Chalid Sudah Kabur ke Luar Negeri Sejak 3 Desember

0
579

Jakarta-Zonadinamika.com. Kapolri Jenderal Badrodin Haiti kembali menegaskan tidak ada perintah dari Presiden Joko Widodo untuk mencari pengusaha minyak Reza Chalid.

“Belum ada perintah itu. Reza Chalid statusnya kan juga, apa sebagai saksi atau tersangka, oleh kejaksaan juga belum. Belum ada permintaan dari Presiden,” kata Badrodin saat dihubungi Selasa (8/12) sore.

Menurut mantan Kapolda Sulteng ini, Reza sudah dipastikan berada di luar negeri sejak tanggal 3 Desember kemarin. “Jaksa (yang mulai menyelidiki kasus ini) ya koordinasi teknis bisa saja. Koordinasi dengan Bareskrim. Polri belum berinisiatif mengusut sendiri,” lanjutnya.

Hal itu karena Polri masih menunggu rekaman dari Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR. Apakah rekaman itu utuh atau bukan. “Sebetulnya kalau rekaman asli, apakah utuh tidak diedit bisa (diiidentifikasi) setelah melihat secara keseluruhan. Kalau dipotong atau tidaknya kami masih belum tahu,” lanjutnya.

Seperti diberitakan rekaman percakapan antara Ketua DPR Setya Novanto, pengusaha minyak Reza Chalid, dan Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Maroef Sjamsoeddin mencuat ke publik. Setya Novanto mengakui mengajak Reza Chalid dalam pertemuan dengan Maroef Sjamsoeddin. Novanto sengaja mengajak Reza karena curiga dengan Maroef yang mengajak bertemu di kawasan Pacific Place pada 6 Juni 2015 itu. Pertemuan itulah yang kini dipermasalahkan.

Ada bukti rekaman pertemuan tersebut. Namun Novanto membantah telah mencatut nama Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla serta meminta saham dalam pertemuan itu. (B1)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here