Hon Manasye Sogavare : Menjamin Dukungan Delegasi Papua Barat Di MSG

0
764

Semarang-Zonadinamika.com Perdana Menteri Hon Manasye Sogavare telah menyakinkan kepada delegasi Papua Barat tekadnya sebagai Ketua Melanesian Spearhead Group (MSG) untuk terus mendorong kebebasan Papua Barat dari segala bentuk pelanggaran hak asasi manusia dan penindasan di wilayah itu”. Tulis Perdana Menteri Hon Manasye Sogavare melalui Kantor Sekretariat Perdana Menteri, Rabu (04/11/2015) Sore.

Hon Sogavare membuat jaminan di Honiara hari ini selama pertemuan courtesy dengan delapan anggota delegasi Papua Barat mengunjungi dalam kapasitasnya sebagai Ketua MSG.

Kelompok ini mengucapkan terima kasih Perdana Menteri Sogavare untuk berdiri berani sebagai pemimpin Melanesia untuk mendorong penerimaan Papua Barat sebagai anggota Observer MSG dalam pertemuan di Honiara pada bulan Juni tahun ini.

Mereka digambarkan Hon Sogavare sebagai “bersinar” contoh kepemimpinan perusahaan tidak hanya di Melanesia tetapi internasional untuk keputusan berani dan dukungan yang berkelanjutan untuk memastikan pelanggaran hak asasi manusia dan penindasan dari orang Papua Barat dihentikan.

Perdana Menteri Sogavare mengatakan kepada delegasi bahwa Melanesian Spearhead Group (MSG) didirikan pada keputusan dan prinsip-prinsip toleransi dan hak asasi manusia dan ia menyadari bahwa banyak Melanesia biasa telah mendukung perjuangan Papua Barat melawan penindasan dan ia akan memastikan masalah ini ditangani dengan benar selama saya menjabat ketua di MSG.

Dia mengatakan keputusan untuk mengirim misi pencari fakta oleh Forum Kepulauan Pasifik ke Indonesia adalah langkah pertama menuju membangun dialog dengan Indonesia untuk menemukan solusi menyenangkan untuk masalah Papua Barat.

Ketua MSG menambahkan bahwa pengakuan Papua Barat sebagai anggota Observer ke dalam MSG tidak akan berhenti di situ tapi terus sampai Papua Barat mencapai tujuannya.

“MSG akan terus menangani isu-isu yang lain takut sebagai perjuangan Papua Barat tetap tamparan di wajah negara besar yang mendukung demokrasi, perdamaian dan hak asasi manusia terus memungkinkan apa yang terjadi di Papua Barat untuk melanjutkan,” katanya.

Perdana Menteri Sogavare mendorong para pemimpin Papua Barat dan kelompok masyarakat sipil untuk melanjutkan dialog damai dengan Indonesia sebagai jalan untuk menemukan solusi yang langgeng untuk kursus Papua Barat.

Delegasi Papua Barat terdiri dari wakil-wakil dari Kepemimpinan Papua Barat Politik, Masyarakat Sipil, LSM, Gereja dan Akademisi yang tergabung dalam The United Liberation Movement for West Papua. (Bernardo Boma)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here